Kunjungi Puskesmas, Walikota Bagikan APD dan Masker

Editor: Redaksi author photo
Foto bersama seusai menyalurkan bantuan

Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim yang juga sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penangana virus corona atau Covid-19 Kota Tidore Kepulauan bersama dengan Tim Covid-19, kembali melakukan pembagian Alat Pelindung Diri (APD) di Puskesmas Galala Oba Utara dan Puskesmas Akelamo Oba Tengah, dua Puskesmas itu mendapatkan masing-masing 15 pasang APD serta masker yang nantinya akan dibagikan kepada pengunjung Puskesmas, Selasa (21/4/2020).

Dalam kunjungan tersebut, Capt. Ali Ibrahim mendengarkan masukan dari masing-masing Kepala Puskesmas yang ditemui, Walikota mengatakan bantuan APD ini merupakan bantuan pribadi yang dilakukan bertahap, “saya akan membagikan APD ini di semua puskesmas yang ada di Kota Tidore karena pada minggu kemarin sudah dilaksanakan penyerahan di Pulau Tidore dan hari ini diberikan kepada dua puskesmas yang ada di daratan oba yakni Puskesmas Galala dan Akelamo yang nantinya akan dilanjutkan ke Kecamatan Oba dan Oba Selatan”. Kata Ali

Ali juga mengatakan bahwa selain dirinya datang sendiri untuk membagikan Alat Pelindung Diri (APD) tidak lain adalah untuk melihat langsung perkembangan pencegahan covid-19 wilayah Oba." Saya sengaja datang sendiri tanpa didampingi Kepala Dinas Kesehatan, karena saya mau mendengar langsung keluhan dari Kepala - kepala Puskesmas," kata Ali Ibrahim

Selain memberikan bantuan APD, orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini juga menyempatkan diri untuk menyapa dan berbincang dengan masyarakat yang datang di Puskesmas terkait dengan pelayanan yang ada di puskesmas tersebut.

Sementara, Kepala Puskesmas Galala Rosmini Abd.Kadir  dihadapan Walikota, Rosmini mengatakan bahwa untuk saat ini Alat Pelindung Diri (APD) yang ada di Puskesmas Galala sebanyak 20 pasang yang dibeli dari bantuan uang tunai dari pemerintah senilai 10 juta serta ditambahkan dari bantuan sultan 20 Pasang, namun bantuan tersebut sudah dimusnahkan lantaran APD hanya sekali pakaian, “Semua bantuan APD sudah kami bakar karena sekali pakai, untuk saat ini Puskesmas Galala masih butuh APD sebanyak 50 pasang". kata Rosita

Rosita menambahkan hingga sampai saat ini 5 posko yang ada di Oba Utara masih membutuhkan masker N95, serta thermo, Karena per hari sebanyak 300 orang setiap kunjungan, “Karena Sofifi adalah daerah transit dari beberapa Kabupaten lain, dan disetiap posko diisi 6 orang tim medis" tuturnya.

Senada juga yang diungkapkan oleh Ratna Samad Kepala Puskesmas Akelamo Kecamatan Oba Tengah mengatakan bahwa Puskesmas Akelamo juga membutuhkan APD  sebanyak 50 pasang, hand sanitizer, serta masker N95, “Karena APD yang dibeli dari bantuan uang tunai 10 juta itu sudah di musnahkan, karena APD itu sekali pakai," tuturnya.

Selain itu, Kepala Kejaksaan Negeri Tidore Adam Saimima selaku tim pengawas covid-19 juga mengatakan bahwa dalam kebutuhan Covid-19  apapun yang  diminta harus dipertanggungjawabkan karena ini menggunakan anggaran negara, “Setiap pembelian kebutuhan medis apapun itu harus dipertanggungjawabkan serta selalu bangun komunikasi dengan Pemerintah Daerah agar tidak salah jalan" tuturnya.

Sebelum  menutup kunjungannya, Walikota Tidore Kepulauan juga berpesan kepada Kepala Puskesmas agar membuat laporan rincian kebutuhan medis yang dibutuhkan oleh puskesmas untuk langsung diserahkan kepada Walikota.

Turut hadir dalam kegiatan pembagian APD diantaranya, Kapolres Tidore Kepulauan AKBP. Yohanes Jalung Siram, Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Cecep Kurniawan, Kabag Protokoler Asiz Hadad, Staf Ahli Walikota Dr. Marwan Polisiri, Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Ahmad Ishak.


Share:
Komentar

Terbaru