-->

Ramadhan Ditengah Pandemi, Pemkot Akan Keluarkan Edaran

Editor: Redaksi author photo
Walikota Tidore Kepulauan memimpin rapat pembahasan edaran tuntunan ibadah saat bulan ramadhan

Walikota Tidore Kepulauan,  Capt. H. Ali Ibrahim memimpin langsung rapat koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tidore Kepulauan, membahas mengenai edaran Tuntunan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan dalam kondisi Darurat Covid-19 di ruang rapat Sekretariat Gugus Tugas Kota Tidore Kepulauan, Rabu (15/4).

Situasi Maluku Utara khususnya di Tidore sudah ditetapkan Darurat Covid-19 itu berdasarkan skala tertinggi di Jakarta dan seluruh Indonesia. Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim mengatakan “agar kita dapat sama-sama memberikan imbauan atau mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap ikhtiar” Ali Ibrahim juga meminta mungkin nanti Kemenag secara tehnis bisa mengakomodir Organisasi – organisasi islam yang ada di bawah kementerian agama menjadi tim pencegahan khusus.

Namun terkait dengan shalat di rumah terutama tarawih, MUI Kota Tidore Masih mempertimbangkannya dengan status Kota Tidore saat ini yang masih nol Kasus, Majelis Ulama Indonesia(MUI) Kota Tidore Kepulauan mempersilahkan umat islam yg ada di Kota Tidore untuk tetap melakukan ibadah seperti biasa pada saat bulan suci Ramadan  seperti shalat Tarawih dan sebagainya. 

Ketua MUI Kota Tidore kepulauan M. Saleh Yasin menjelaskan “Jadi bulan puasa ini kita shalat masih Seperti biasanya, tetap menjalankan puasa sebagaimana biasanya,” Pihak MUI juga menyarankan agar tetap berikhtiar dan melihat kondisi kedepan, Apabila terjadi perkembangan status Kota Tidore, maka segala bentuk ibadah juga akan disesuaikan kondisi tersebut. jelasnya.

MUI Kota Tikep juga akan menyusun petunjuk mengenai tata cara shalat tarawih dan shalat jumat, serta shalat idul fitri yang nantinya jumat ini sudah di sosialisasikan ke masyarakat melalui masjid-masjid agar dapat menjadi pedoman serta panduan bagi masyarakat, MUI berharap dengan adanya Covid-19 ini, apalagi bertepatan dengan bulan suci Ramadan, maka perlunya ikhtiar dari masyarakat.


Share:
Komentar

Terbaru