Aktivitas Belajar Mengajar di Luar Kelas karena Gempa

Editor: Redaksi
Kondisi blajar mengajar | Malut.Co/Ruslan Habsy

JAILOLO,MALUT.CO -
Aktifitas belajar mengajar di sekolah SD, SMP Eklisia desa Akediri kecamatan Jailolo untuk sementara di hentikan. Murid -murid terpaksa di pulangkan ke rumah masing- masing. Sedang Sekolah SMP desa Hatebicara, siswa dan siswinya memilih belajar di luar ruangan kelas karena mengingat situasi gempa bumi mash terjadi sampe dengan saat ini. Kamis, 28 September 2017.


Kabupaten Halbar diguncang gempa bumi dengan Hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Ternate menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi dengan kekuatan M=2.4 Skala Richter. Pusat gempa bumi terletak pada 1.03 LU dan 127.39 BT, tepatnya di 9 km BaratDaya JAILOLO-MALUT di kedalaman 6 km. pada hari Rabu tanggal 27 September 2017 pukul 22:09:02 Sd tgl 28 september 2017 pkl 08.WIT, wilayah Jailolo kabupaten Halmahera Barat.

Berdasarkan laporan dari BPBD setempat, dapat diindetifikasi bahwa gempa tersebut dirasakan pada skala II MMI di wilayah Jailolo dan sekitarnya.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini, telah terjadi beberapa kali gempa berkekuatan kecil, dengan rentan waktu antara kejadian yang relatif pendek/berdekatan, namun cukup dirasakan oleh sebagian warga Jailolo terutama di desa-desa di sekitar gunung Jailolo, walaupun demikian sampai saat ini belum ada laporan jatuhnya korban atau kerusakan bangunan.

Gempa bumi yang terjadi di Jailolo Halmahera Barat ini memiliki kemiripan dengan gempa bumi swarm yang terjadi akhir tahun 2015, namun demikian untuk menentukannya perlu kajian ilmiah yang lebih mendalam.

Gempa bumi susulan yang terjadi di kecamatan Jailolo kabupaten Halbar dengan durasi 5 sampai 10 detik sebanyak -+ 35 kali. 

Dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu Tsunami dari sumber yang tidak bertanggung jawab.

Lan
Share:
Komentar

Terbaru