Kualitas Buruk, Jalan Lingkar Jailolo Mulai Rusak

Editor: Taufik
[caption id="attachment_2688" align="alignnone" width="600"] Kondisi Jalan di Desa Bobo ke Idamdehe Jailolo | Lan-Malut.Co[/caption]

JAILOLO,MALUT.CO-Meski baru dikerjakan tahun ini, Akses Jalan Hotmix lingkar Jailolo, dari desa Bobo menuju desa Idamade Kecamatan Jailolo, kabupaten Halmahera Barat (Halbar), suda mulai rusak parah. Jalan sepanjang 1 kilometer yang dikerjakan PT Intim Kara Itu diduga kuat kurang berkualitas sehingga mudah rusak.


"Proyek jalan itu melalui anggaran APBN tahun 2016, namun dikerjakan tahun 2017. Maka itu, disayangkan kalau suda mulai rusak.” Ucap Kepala Desa Bobo, Ruslan A Rauf, pada wartawan, Rabu, -7 Juni 2017. Ia mengaku kaget saat melihat kerusakan jalan tersebut karena baru saja usai dikerjakan tahun ini.


Menurut Ruslan, kemungkinan ada kerusakan lain, yang belum sempat ditemui. Apalagi, akses jalan tersebut belum bisa tembus ke desa Idamadehe.


Oleh karenanya titik-titik kerusakan yang lebih jauh belum seluruh ditemui oleh warga. ”kerusakan itu berdiameter besar karena memakan satu badan jalan dengan ukuran lebih 1 meter.” Akunya.


Ruslan meminta, perusahan pemenang tender bertanggungjawab atas kerusakan ini, dan harus sesegera mungkinya memperbaiki guna kenyamanan warga dalam berlalu lintas. Sedangkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Halbar, dihimbau segera menegur kontraktor, karena kerusakan tersebut sebelumnya mengakibatkan kecelakaan, bahkan sudah menelan korban jiwa.


Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan tata Ruang (DPU-PER), M Yusuf saat dikonfirmasi wartawan, berterima kasih kepada kepala desa yang memberikan informasi terkait kerusakan jalan itu. Pihak Dinas dipastikan memberikan peneguran kepada perusahan pemenang tender jika masa waktu proyek masih dalam masa pemeliharaan.


Lan/Aan

Share:
Komentar

Terbaru