12 Prosesi Adat Jadi Agenda Festival Tidore

Editor: Taufik


TIDORE, MALUT.CO – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan beserta Kesultanan Tidore melaksanakan Media Gathering (media silaturahmi) Festifal Tidore dalam rangka mempersiapkan Hari Jadi Tidore (HJT) ke 909 Tahun di pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, Juma’at 24 Maret 2017 sekira pukul 16.34 WITA.


Dalam acara tersebut, Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim menyampaikan bahwa agenda Launching Festifal Tidore akan diselenggarakan  5 April 2017 mendatang di Kementerian Parawisata.


“5 April nanti, kami diundang untuk launcing Festifal Tidore dalam rangka Hari Jadi Tidore,” ujar Ali.


Ali menjelaskan, kegiatan launcing di kementerian disebabkan karena Festifal Tidore dan HJT ke 909 sudah menjadi agenda Nasional di Kementerian Parawisata.


Jojau Kesultanan Tidore, M. Amin Faruk yang mewakili Pihak Kesultanan Tidore mengimbau kepada seluruh masyarakat Tidore bahwa dalam Festifal Tidore dan HJT nanti diharapkan agar dapat memaknai sejumlah rangkaian prosesi adat yang menjadi benteng nilai untuk menjaga kelestarian Budaya.


“Kadang-kadang kegiatan seperti Borero Gosimo hanya sebatas upacara serimonial, untuk itu diharapkan kegiatan kali ini dapat dikemas dan berimplikasi kepada masyarakat dalam kehidupan kesehariannya.” tutur Amin kepada MALUT.CO usai kegiatan Media Gathering.


Lanjut Amin,  12 April 2017 nanti menjadi bagian dari menjaga semangat Nuku dalam Revolusi Tidore-nya atau yang dikenal dengan Revolusi Sepi (Damai Nyili-Nyili) yang dalam rangkaian kegiatan Festifal Tidore diparadekan Perjalanan Paji Nyili-Nyili.


Sementara Kadis Parawisata Kota Tidore Kepulauan, Yakub Husen memaparkan 12 rangkaian kegiatan Festival Tidore dalam rangka HJT 909 berupa; Dowaro dan Siloloa dalam prosesi Kota Tupa, Siloloa Sultan Tidore Seusai Shalat Jumat, Festifal dan Bazaar Gurabunga, Prosesi Paka Kie, Prosesi Rore Ake Dango, Kota Ake Dango dan Ratib Haddad Farraj, Parade Juanga Sultan Tidore, Kota dan Pora Paji, Perjalanan Paji Nyili – Nyili, Kirab Agung dan Upacara Puncak HJT, Launching Musium Maritim Dunia, dan Ratib Taji Besi. (Ibas/ryk)

Share:
Komentar

Terbaru