Sangaji Sahu Lantik Fanyira Akediri

Editor: Redaksi
Prosesi pelantikan | Foto Ruslan Habsy

JAILOLO,MALUT.CO - Sangaji Sahu Ahmad Zakir Mando (AZM) melantik Belianus Paka sebagai Fanyira Akediri. Prosesi itu berlangsung di Rumah Adat Susadu Akediri, Kecamatan Jailolo, Kamis, 2 November 2017. Yang turut hadir dalam pelantikan itu adalah tokoh adat Sahu dan masyarakat desa Akediri. 

Ketua Panitia Atus Sandiang, yang juga salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halbar, dalam sambutanya menyampaikan terimakasih kepada Sangaji adat sahu yang meluangkan kesempatan melantik Fanyira adat desa setempat. 

Terlebih atas partisipasi dan bantuan dalam pembangunan rumah adat suku Sahu di desa Akediri meski sekalipun belakangan sibuk di pemerintahan sebagai seorang wakil Bupati saat menjalankan tugas - tugas pemerintahan.

Sementara sangaji adat suku Sahu, mengucapkan selamat atas kegiatan pelantikan Fanyira adat desa Akediri dan mengharapkan Fanyira yang dilantik dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagaimana amanah yang telah diembang. Dia berharap, adat dan budaya Sahu tetap dilestarikan guna menjadi ikon dalam pengembangan wisata di Halmahera Barat.

Meski secara adat AZM menyampaikan banyak hal, namun dia menyisipkan himbauan kepada masyarkat Akediri yang mendominasi warganya adalam umat Nasrani agar taat beribadah. Karena adat lanjut dia induknya adalah agama. Dengan itu, selain menjalankan adat agama juga tidak bisa mengabaikan kepentingan gereja.

"Hari minggu diusahakan gereja terisi full jangan sampai di Susadu (rumah adat) banyak orang, tapi di gereja sepi. Maka itu, saya doakan jangan ada lagi yang tidur-tiduran di rumah adat pada hari minggu pagi." pinta AZM.

Perlu diketahui bahwa acara pelantikan sekaligus diikuti dengan santapan makanan adat Sahu yang secara resmi dibuka oleh Sangaji Adat Sahu Ahmad Zakir Mando. 

Lan
Share:
Komentar

Terbaru