Deteksi Dini Kanker, IAD Kejati Malut Baksos di Puskesmas Soasio

Editor: Redaksi
Foto bersama seusai baksos | Malut.Co/Ramli Tosofu

TIDORE, MALUT.CO - Bhakti Sosial (Baksos) Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Serviks bagi kaum perempuan di Kota Tidore Kepulauan (Tikep) yang digelar oleh Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini (IAD) Kejati Maluku Utara di Puskesmas Soasio Tidore Selasa, 10 Oktober 2017.

Ketua Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini Wilayah Maluku Utara Ny Deden Riki Hayatul Firman di dampingi Wakil Ketua IAD Ny Wim Lingitubun,  dan anggota Ny Damrah Muin, serta Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Tidore Kepulauan Ny Yudhi Syufriadi saat di temui Malut.Co di ruang kepala Puskesmas Soasio menyampaikan, ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan IAD Maluku Utara dalam pemeriksaan Kanker Payudara dan Kanker Serviks.

“Bhakti Sosial ini masih ada kaitannya dengan peringatan hari Kanker Payudara Internasional, dimana kami mengamati selama ini cukup banyak kasus kanker payudara ataupun kanker serviks yang diderita oleh kaum perempuan di Maluku Utara. Metode pemeriksaan yang kami gunakan adalah metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Secara Klinis (SADANIS)”, kata Ny. Deden Riki Hayatul Firman.

Tambahnya, selama ini banyak perempuan tahu ataupun mungkin tidak tahu dengan kedua penyakit dimaksud yakni kanker peyudara dan kanker serviks, padahal dari banyak kasus, dua penyakit tersebut termasuk salah satu ‘mesin pembunuh’ kaum perempuan di Indonesia dan berada diurutan teratas dunia.

Ny. Deden Riki Hayatul Firman berharap dengan kegiatan seperti ini, Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Serviks ini dapat menumbuhkan pemahaman di masyarakat khususnya kaum perempuan akan pentingnya mencegah sejak dini kemungkinan terkena kanker payudara maupun kanker serviks. 

Lhy
Share:
Komentar

Terbaru