Kisah Lain Dari Porprov; Datang dengan Biaya Sendiri, raih 24 Medali

Editor: Redaksi
Atlit Anggar Putri Asal Kota Tidore Kepulauan | Foto Istimewa 

Laporan Irwan Basri

Ajang Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Porprov) ke II tahun 2017 mendapatkan sambutan sangat luar  biasa dari peserta Se-Maluku Utara. Buat mereka yang masih bersekolah, ini adalah kesempatan berprestasi. Ajang antar Pelajar ini ini berlangsung sejak Sabtu 5 Agustus 2017 di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dan mempertandingkan sebanyak 23 cabang olahraga.

Dari 10 kabupaten dan kota yang hadir, ada dua daerah yang tidak mengirimkan kontingennya. Salah satunya dari Kota Tidore Kepulauan (Tikep) yang batal hadir sebagai peserta di Halut karena ketidakadaan biaya.

Mendengar pembatalan keikutsertaan di ajang Porprov II dari pengurus KONI Kota Tikep yang disampaikan dalam rapat 3 Agustus 2017 lalu, perasaan, Jumrah M. Nasir campur aduk, antara memikirkan prestasi anak - anak didiknya atau ikut keputusan KONI Kota Tikep yang merupakan organisasi induk dari cabang olahraga.

"Sangat disayangkan kalau prestasi anak-anak dikorbankan hanya karena alasan biaya!" ujar Jumrah, pelatih kepala Anggar Kota Tidore Kepulauan.

Atlit Anggar Putra Asal Kota Tidore Kepulauan | Foto Istimewa 

Dirinya kemudian berkonsultasi dengan Ketua Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI), Murad Polisiri dan berniat untuk tetap ikut Porprov ke II di Tobelo walau dengan biaya sendiri. Alhasil dirinya beserta Ibrahim (Asisten Pelatih) dan 10 atlet diberikan biaya oleh pengurus IKASI sebanyak Rp 5 Juta.

"Tanpa pikir panjang, Sabtu 5 Agustus 2017, kami kemudian bertolak ke Sofifi dengan kapal ferry" kisah Jumrah via handphone kepada malut.co.

Setibanya di Sofifi, Jumrah kemudian mencarter dua mobil, inipun karena telah mendapatkan jaminan dari salah satu pengurus KONI Provinsi untuk membayar tumpangan mereka ke Tobelo. 4 jam perjalanan jalur darat itu, ke 10 peserta hanya dibekali Air mineral dan sedikit cemilan untuk mengganjal rasa lapar.

Kesulitan belum berakhir rupanya, tiba di Tobelo jam 8 malam. Para atlet perwakilan Kota Tikep ini langsung ke gedung pertandingan di Desa Gosoma untuk mendaftar diri. Saat mendaftar, para atlet Anggar itu sempat dimintai rekomendasi dari KONI Kota Tikep sebagi syarat. 

Setelah panitia mendengar alasan yang disampaikan Jumrah, akhirnya peserta atlet Anggar diperbolehkan ikut perlombaan Porprov.

"Alasan saya ikut ini karena ingin menjaga prestasi atlet," lirih Jumrah.

Selesai mendaftar para kontingen tersebut kemudian menginap di salah satu penginapan, hanya untuk malam pertama di tanah Hibualamo. Untuk mengirit anggaran, hari selanjutnya kami mengontrak dua kamar di salah satu rumah warga 5 kilo meter dari gedung pertandingan. "Beruntungnya Ibu pemilik rumah tersebut asalnya dari Tidore, jadi kami dapat harga murah," tutur Jumrah.

Saat ditanya kendala selama berada di Tobelo, Jumrah dengan suara pelan mengatakan, bahwa disaat kontingen yang lain menggunakan mobil, mereka hanya bisa menggunakan bentor kendaraan atlet saat bertanding.

"Kendala kami di transportasi, yang lain samua dengan mobil, kami hanya bentor yang jaraknya 5 kilo lebih dari rumah ke gedung pertandingan" Keluhnya

'Hasil tak akan pernah menghianati proses' begitu kira-kira idiomnya, dari lapangan pertandingan tidak sepahit perjalanan mereka menuju juara. 

Dari total pertandingan, kontingen Kota Tikep berhasil meraih 9 medali emas, 10 perunggu dan 5 perak.


Berikut daftar peraih medali dari cabang olahraga Anggar di masing-masing mata lomba.


Nama atlet
Asal sekolah
Jenis lomba
Medali
Agung Soleman
SMPN 1 Tidore Kepulauaan
Degen Kadet Putra
Koret Kadet Putra
Sabel Kadet Putra
Koret Junior Putra
emas

emas

perunggu

emas
M. Anwar
SMKN 1 Tidore Kepulauan
Degen Kadet Putra

perak
M. Kafi
SMKN 1 Tidore Kepulauan
Degen Kadet Putra
perak
Rahmat Agung
SMP 1 Muhammadiyah
Koret Kadet Putra
Sabel Kadet Putra
Degen kadet putra
perunggu

perunggu

Perunggu
Rifaldi
SMPN 6 Tidore Kepulauan
Degen Kadet Putra
Junior Degen Putra
perunggu

perunggu
Kiki Ramadani
SMAN 3 Tidore Kepulauaan
Degen Kadet Putri
Junior Degen Putri
emas

emas
Nadila
SMPN 6 Tidore Kepulauan
Degen Kadet Putri
Koret Kadet Putri
Junior Degen Putri
perunggu

perunggu

perak
Nurmadela
SMPN 6 Tidore Kepulauan
Degen Kadet Putri
perunggu
Atisa sahbudin
SMAN 3 Tidore Kepulauaan
Koret Kadet Putri
Sabel Kadet Putri
Degen kadet putri
emas

perak

Perunggu
fitriyani togubu
SMAN 3 Tidore Kepulauan
Koret Kadet Putri
Sabel Kadet Putri
perak

emas
M. Kafi, Rahmat Agung, Rifaldi

Degen Junior Beregu Putra
emas
kiki ramadani, Nabila, nurmabela

Degen Junior Beregu Putri
emas
Share:
Komentar

Terbaru