Sekolah 5 Hari Sepekan Diterapkan Juli

Editor: Taufik
[caption id="attachment_2794" align="alignnone" width="472"] Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo | Foto Istimewa[/caption]

TIDORE,MALUT.CO-Kebijakan 5 hari sekolah dalam sepekan bagi sekolah negeri dan swasta tingkat SD hingga SMA secara nasional yang sebelumnya disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy berlaku 2017-2018, kembali dikabarkan diterakpan mulai Juli 2017.


Hal itu disampaikan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sumarna Surapranata.


"Kita rencanakan tahun ajaran baru 2017/2018 mulai berlaku atau mulai Juli 2017," Sumarna Surapranata di Makassar, Selasa (6/6), seperti dilansir Antara.


Menurut dia, regulasi kebijakan ini tengah digodok. Sementara regulasi yang mengatur waktu kerja guru dan kepala sekolah, sudah ada PP No 19 Tahun 2005.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo saat ditemui di ruang kerjanya pada Sabtu, 10 Juni 2017 mengakui adanya informasi itu. Namun kata Ismail, sementara pihaknya masih menunggu regulasi secara resmi oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


“Kami mendukung kebijakan baru dari Pak Menteri itu. Tetapi kami masih harus menunggu regulasinya. Kita bisa bicara lebih selain regulasinya sudah ada, kalau masih sebatas informasi maka kami belum bisa menjadikannya dasar,” jelas Ismail.


Tambah Ismail. bila kebijakan baru tersebut diberlakukan maka itu lebih baik, sebab anak-anak memiliki waktu istirahat yang cukup untuk melakukan kegiatan di luar rutinitas mereka selama 5 hari di sekolah. Walaupun demikian, semuanya itu akan dikembalikan ke masing-masing daerah.


“Konsep Pak Menteri itu bagus, karena dia mengurangi waktu belajar-mengajar dari 6 hari menjadi 5 hari, namun waktu di sekolah menjadi lebih panjang. Tinggal bagimana kita kondisikan dengan daerah masing-masing, karena yang 6 hari pulangnya jam 1 tetapi yang 5 hari pulngnya hampir jam tiga dan ada yang setengah 4,” ujar Ismail.


Lhy/Adr

Share:
Komentar

Terbaru