Bupati Danny Resmi Panen Jagung

Editor: Taufik
[caption id="attachment_3005" align="alignnone" width="600"] Bupati Halmahera Barat Saat memberikan sambutan dalam panen jagung di Desa Goal | Lan-Malut.Co[/caption]

JAILOLO,MALUT.CO- Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melaksanakan panen perdana jagung dalam program tanam jagung 20.000 Hektare tahun 2017. Panen itu mulai dilakukan di desa Goal kecamatam Sahu Timur.


Bupati dalam sambutan kegiatan panen perdana, mengaku hasil panen perdana itu merupakan wujud dari kerja keras untuk menyukseskan program dari  Kementrian Pertanian. Karena laporan Kadis Pertanian bahwa yang sudah terealisasi penanam jagung di Halbar seluas 19.000 Ha.


Menurut Danny, tujuan dari penanama jagung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah Halbar. Dengan itu, kepada para camat dan kepala desa bisa lebih giat lagi memacu dan memberikan dukungan kepada para petani sehingga sinkronisasi program pemerintah pusat dengan pemerintah daerah bisa berjalan dengan baik.


Lanjut, Danny mengaku dengan melihat hasil panen yang ada saat ini, maka dari target yang direncanakan 5 ton bisa tercapai. Dengan begitu, kepada Dinas Pertanian diperintahkan lebih giat memberikan pendampingan kepada para petani soal bercocok tanam sesuai dengan cara bertanam jagung yang baik dan benar sehingga hasil seperti jagung petani Goal.


"Yang kita lihat tidak hanya terjadi saat ini saja, akan tetapi bisa berkelanjutan sehingga taraf ekonomi masyarakat bisa meningkat." Ucapnya.


Terpisah Kepala Dinas Pertanian Pemkab Halbar Totari Balatjai, mengatakan kegiatan pengembangan jagung di kabupaten Halmahera Barat Tahun 2017 yang di fasilitasi oleh Kementrian Pertanian melalui APBN TA. 2017 seluas 19.000 Ha, dari Target awal 20.000 Ha, telah tersebar di seluruh kecamatan di kabupaten Halmahera Barat. Pengembangan jagung di kabupaten Halmahera Barat itu dilakukan melalui dukungan program perluasan areal tanam (PAT) dan Peningkatan Indeks Pertanaman (PIP).


Sambung Totari, kegiatan penanaman jagung ini dimulai bulan Maret 2017, dan para Petani melakukan penanaman setiap hari sehingga terjadi Luas Tambah Tanam (LTT) jagung di desa-desa semakin meningkat, dan bulan Juni 2017 panen jagung akan dilaksanakan seluas 89 Ha. yang tersebar dibeberapa kecamatan dan diperkirakan potensi hasil rata-rata mencapai 5 ton setiap hektar, diperkirakan hasil produksi pada bulan Juni sebanyak 445. Sementara, lanjut dia, mengatakan benih jagung yang sudah didatangkan ke Halbar sebanyak 171 ton untuk luasan lahan 11.400 Ha dengan kegiatan pengembangan Musim tanam I. Tahun 2017.


Kegiatan panen juga dihadiri, AKBP Bambang Wiriawan, S.IK. MH.(Kapolres.Halbar), Letkol Inf Raimond Sitanggang (Danyunit 732 Banau),A. Makandea, SH  (Kajari Halbar), Ir. Dadang Hendayani (Rektor STPK Banau). Para Asisten Setda Halbar. Para Pimpinan SKPD Pemkab Halbar. Para Camat se Kab Halbar.
Kapten Inf Jalil Puah ( Danramil 1501-04/Sahu). Kapten Inf Hidayah (Danramil 1501-03/Jailolo). Iptu Damianus. Duke (Kapolsek Sahu/Sahu Timur). Tamu Undangan dan para petani jagung.


Danny Missy, didampingi oleh unsur Forkopimpda Halbar melaksanakan Panen Perdana dengan menggunakan Alat Panen dan perontok Jagung (Kombain Hesflester) secara simbolis dan dilanjutkan oleh para Petani. Kegiatan Panen Perdana jagung yang di laksanakan di Desa Goal baru pertama kali menggunakan alat Panen dan perontok Jagung (Kombain Hesflester).


Lan/Aan

Share:
Komentar

Terbaru