'Transpalansi Karang' Peringati Hari Nusantara di Tikep

Editor: Redaksi
Penyelam seusai melaksanakan kegiatan | Foto Istimewa

TIDORE,MALUT.CO - Hari ini, 13 Desember 2017 adalah Hari Nusantara. Hari nasional yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 126 Tahun 2001 ini, tak banyak diketahui masyarakat luas, apalagi masyarakat Kota Tidore Kepulauan (Tikep). 

Dalam sejarah, hari ini adalah proses berlangsungnya Deklarasi Djoeanda, yang mempersatukan kembali wilayah dan lautannya Indonesia yang luas, menyatu menjadi satu kesatuan yang utuh dan berdaulat.  

Di Kota Tikep sendiri, proses perayaaan hari Nusantara ini tak seheboh hari-hari nasional lainnya. Kali ini hanya diperingati Polres Tikep, Dinas Perikanan dan Komunitas Diving Tikep. 

Untuk memperingati hari Nusantara ini, mereka menggagas kegiatan 'Transplantasi Karang ' yang  dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Tidore Kepulauan AKP Agus Purwanta SIK. Beserta sekretaris Oni (Dinas Kelautan dan Perikanan Tikep), Ipda Ofan Abdurachman KBO Satsabhara Polres Tidore. M. Tahsin Hajatuddin S.Pi.M.Si (TDC), A. Khalish A. Samaun S.Kel,M.Si (Bappelitbang), Jainuddin Abbas (KBC), Iksan Dukomalamo S.Kel, Anas Basinu (Dishub Tikep).  

Kapolres Tikep AKBP Azhari Juanda, S. Ik,  berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk bergerak melakukan tindakan-tindakan lainnya dalam rangka melindungi laut dan ekosistemnya. 

"Generasi sekarang sudah sepatutnya bersyukur dan berterimakasih atas jasa Bapak Ir. H. Djoeanda yang mencetuskan sebuah konsep Archipelago State (Negara Kepulauan) dan dengan berani mengumumkan Deklarasi Djoeanda pada tanggal 13 Desember 1957 kepada dunia. 
Deklarasi tersebut menegaskan bahwa RI mempunyai kedaulatan penuh terhadap perairan antar-pulau (Perairan Kepulauan)," katanya. 

Menurutnya, momentum Hari Nusantara tahun 2017, harusnya dijadikan sebagai sarana untuk melakukan introspeksi diri terhadap cara memandang laut, khusunya laut di Tidore Kepulauan. 

"Kita isi dengan program, kegiatan dan tindakan yang  nyata, tidak berhenti pada sekedar slogan semata. Pada peringatan Hari Nusantara 13 Desember 2017, Polres Tidore, Dinas Perikanan Tikep, KBC dan Bapelitbang serta Dishub Tikep turut ambil bagian dalam rangka menyemarakkan Hari Nusantara di Kota Tidore Kepulauan" ujarnya

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah melakukan Transplantasi Terumbu Karang di kawasan Pantai Tugulufa," papar dia. 

Tidak hanya itu, Tranplantasi terumbu karang merupakan investasi nyata jangka panjang bagi keberlangsungan hidup sumber daya hayati laut. 

"Kegiatan ini terlaksana atas inisiatif bersama antara Dinas Perikanan Tikep, Polres Tidore dan Komunitas Diving Tidore dan tentunya hal tersebut berkat adanya kesadaran bersama semua pihak untuk memelihara dan menjaga laut Tidore beserta ekosistemnya. 

Pesan kami kepada masyarakat, mari kita jaga laut kita karena laut adalah masa depan kita. Oleh sebab itu, stop buang sampah di laut, stop merusak terumbu karang, stop merusak mangrove dan stop destructive fishing. Salam Hari Nusantara," urai Kapolres. 

Red.
Share:
Komentar

Terbaru