Tingkatkan Transparansi Kinerja Pemerintah Tikep, Aplikasi SILAKIP Bakal Diterapkan

Editor: Redaksi
Medy Mahendra | Foto Malut.Co

TIDORE,MALUT.CO - Demi mewujudkan kinerja instansi pemerintah transparansi berbasis teknologi, Bidang Pemerintahan Sekertariat Kota Tidore Kepulauan gelar sosialisasi Aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SILAKIP), Kamis 16 November 2017.

Aplikasi SILAKIP sebagai bentuk rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

"Aplikasi yang kita bawa ini bertujuan untuk mengintegrasikan sebuah pelaporan dari aspek perencanaan, pengukuran, monitoring hingga proses pelaporan kegiatan dari tiap-tiap instansi," ucap Kepala Badan Organisasi dan Aparatur Daerah Kota Bandung, Medy Mahendra yang diundang Pemerintah Kota Tikep pagi tadi kepada sejumlah awak media di Aula Nuku Kantor Walikota Tikep.

Lebih lanjut dirinya membenarkan bahwa dengan adanya sistem ini, masyarakat bisa memantau kinerja pemerintah daerah dengan mudah. 

"Masyarakat luas dapat menilai, apakah janji Walikota bisa tercapai atau tidak. Masyarakat juga bisa memantau kinerja pemerintah melalui aplikasi SILAKIP ini," ujarnya. 

Senada, Kepala Bagian Organisasi Sekeryariat Daerah, Sofyan Saraha, berharap dengan adanya aplikasi ini dapat membantu walikota dalam memantau setiap kegiatan yang dilakukan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di wilayah Kota Tikep.

"Dengan adanya aplikasi ini, mampu mendongkrak kinerja OPD di Kota Tikep, karena setiap waktu Pimpinan Daerah dan masyarakat bisa memantau bagaimana dan sejauh mana kinerja OPD, serta kendala penerapan program dan visi misi Kepala Daerah," ungkapnya.

Red.
Share:
Komentar

Terbaru