PROYEK DERMAGA PPI TUADA TERBENGKALAI, DKP PASRAH

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_1348" align="aligncenter" width="300"] Lokasi Pembangunan Pangkalan Penampungan Ikan di Desa Tuada | Ruslan-MALUT.CO[/caption]

JAILOLO,MALUT.CO- Proyek Pembangunan Dermaga Pangkalan Penampungan Ikan (PPI) di desa Tuada, kecamatan Jailolo, tahap ke II telah selesai dikerjakan sejak 2015, kini terbengkalai dan mengalami Abrasi cukup parah.


"Proyek yang sudah masuk tahap kedua, dan selanjutnya tidak diperhatikan lagi oleh Pemkab Halbar, akhirnya terjadi abrasi cukup parah,"ungkap salah seorang warga Desa Tuada, Isnain S. Muhammad kepada wartawan, Selasa 9 Mei 2017.


Isnain menyayangkan sikap pemerintah yang terkesan membiarkan. menurutnya, hal ini perlu timbunan dermaga itu terkena abrasi.


"Pemkab Halbar harus serius menangani masalah ini,"cetusnya.


Hal serupa juga disampaikan warga Tuada lainya, Malik. Dirinya mempertayakan alasan dibalik tersendatnya pembangunan proyek tersebut tidak dikerjakan lagi.


Secara terpisah, Sekertaris Dinas Perikanan dan Kelautan Halbar Agustinus, mengatakan proyek timbunan dermaga PPI Tuada, masa pemeliharaannya dari pihak perikanan sudah selesai. Artinya, pemerintah harus menganggarkan kembali sehingga proyek tersebut dapat dilanjutlan.


Agustinus mengaku, perbaikan dan kelanjutan proyek tersebut akan melalui Dana Alokasi Umum (DAU).


Sebagaimana diketehui, sebelumnya proyek yang mulai dari tahap pertama sampai tahap ke dua masih melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Sementara di tahap tiga nanti tidak lagi melalui DAK.


"Tindakan kami, untuk memperbaikan itu bisa melalui DAU,  sedangkan DAK sudah tidak bisa lagi,"pungkasnya.


Lan/Aan

Share:
Komentar

Terbaru