-->

Polda Siap Bantu Pengamanan Lapas.

Editor: Taufik
[caption id="attachment_1702" align="aligncenter" width="600"] Kapolda Malut, Brigjen Pol Tugas Dwi Apriyanto, saat meninjau Lapas Klas II A Ternate | Fahri-Malut.Co[/caption]

Ternate,Malut.Co- Sesuai dengan Instruksi Kapolri, Kepolisian Kolisi Daerah Maluku Utara (Polda Malut), siap memberikan bantuan keamanan dan pengaman di Lemabaga Pemasyarakatan (Lapas). Polda akan membuat MoU dengan pihak Lapas terkait hal tersebut.


“Setelah melihat banyaknya peristiwa terkait dengan narapidana yang sering kabur dari lapas dan juga rutan. Ole sebab itu, Kapolri menginstruksikan kepada Polda agar supaya segera membuat MoU yang berhubungan dengan keamanan dan pengamanan di Lembaga Pemasyarakatan,” Ucap Kepala Polisi Daerah Maluku Utara (Polda Malut), Brigjen Pol Tugas Dwi Apriyanto, saat meninjau Lapas Klas II A Ternate, di Jambula. kec Pulau Ternate kota Ternate, Kamis 18 Mei 2017.


Kapolda juga berkunjung ke Rumah Tahanan Negara (Rutan), klas II B Ternate yang lokasinya tak jauh dari tempat tersebut. Dalam kunjungan itu, Kapolda mengatakan, siap membantu lapas dan mengamati secara detail persoalan kenyamanan, keamanan dan pengamanan.


Hal tersebut dilakukan untuk menghindari seperti kasus Lapas di Riau yang overlap dan mengakibatkan begitu banyak tahanan yang melarikan diri. Kejadian tersebut menurut Kapolda, menjadi pelajaran yang sangat berharga.


Namun, setalah memantau di lapas klas II B Ternate, Kapolda memastikan kapasitas Lapas masih memadai. Akan tetapi, hal itu bukan menjadi alasan untuk tidak meningkatkan kewaspadaan.


Kapolda juga menyarankan penambahan CCTV guna mengontrol aktivitas tahanan di semua sisi ruangan yang ada di lapas. “Untuk pelaksanaan, MoU yang sudah di tantangani secepatnya akan dijalankan, targetnya sebelum bulan puasa sudah jalan," Tegas Kapolda.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pemasyarakatan (Kadipas), Probowati mengatakan, kekurangan dan kelebihan yang ada pada Lapas suda dilihat dan disaksikan langsung oleh Kapolda. Ia berharap melalui MoU yang telah ditandatangani bisa membantu lembaga Pemasyarakatan di kota Ternate.


"Di lapas ini juga kurang tenaga dokter. Sehingga sangat diharapkan agar supaya Kapolda bisa membantu mengatasi masalah yang ada di Lapas. Harap Kadipas.


Fahri/Aan

Share:
Komentar

Terbaru