Masuk Festival Nasional, HJT 909 Harus Lebih Semarak

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_748" align="aligncenter" width="600"] Rapat Koordinasi HJT 909 (Foto : Irwan Basri/malutco)[/caption]






 

TIDORE, MALUT.CO - Ketua Panitia Hari Jadi Tidore (HJT) yang ke 909 Yakub Husain menegaskan bahwa pelaksanaan agenda tahunan HJT kali ini harus lebih semarak dan bersemangat dalam mengangkat nilai-nilai adat masyarakat Tidore.


Hal tersebut disampaikan Yakub dalam rapat koordinasi yang melibatkan semua pihak terkait  pada Jumat 31 Maret 2017 di Aula Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Jum'at 31 Maret 2017. 


Yakub mengatakan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, HJT 909 di tahun 2017 ini masuk sebagai salah satu Festival Budaya Nasional, sehingga koordinasi semua pihak guna pematangan persiapan hingga agenda puncak pada 12 April nanti.


Dalam rangka persiapan temasuk promosi, Yakub yang juga sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kota Tidore Kepulauan mengatakan, pihaknya telah membangun kerjasama dengan Komunitas Fola Barakati di Jakarta dalam hal promosi agenda-agenda HJT.


Lanjutnya, berdasarkan rundown (laporan singkat) acara Festival Tidore dalam rangka HJT ini, diawali dengan launcing di Kementrian Kebudayaan dan Parawisata (Kemenbudpar).


"Louncing Festival dalam rangka HJT akan dilaksanakan di Kemenbudpar 5 April 2017 mendatang di Jakarta dan akan menampilkan tarian Salai Morong dan Cakalele Cingari dari sanggar Folakatu," tambah Yakub kepada MALUT.CO.


Sementara Gimalaha Marsaoly Kesultanan Tidore, Muhidin Hamsa saat ditemui  MALUT.CO usai Rakor mengatakan, pihak kesultanan sudah mulai sosialisasikan bentuk kegiatan prosesi adat kepada masyarakat di lingkungan Kesultanan Tidore melalui prangkat adat. 


"Kami dari pihak kesultanan mulai mensosialisasikan kegiatan ini kepada Gimalaha dan Sangaji untuk diteruskan kepada masyarakat," ungkap Muhidin.(Ibas/Rky) 


 

Share:
Komentar

Terbaru