ICMI Diharpkan Menjadi Laboratorium Intelektual Kaum Muda Tidore

Editor: Redaksi

Suasana Bedah Buku yang menjadi rangkaian dalam pelantikan pengurus ICMI Orda Kota Tidore Kepulauan 

Dengan hadirnya Kepengurusan yang baru ini akan menjadi sebuah momentum yang strategis bagi terbangunnya hubungan harmonis antar umat beragama di Kota Tidore Kepulauan.

Organisasi Daerah Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Tidore Kepulauan ini, di harapkan dapat berperan penting sebagai Laboratorium dalam menyiapkan generasi muda baik dari segi intelektualisme maupun pembentukan karakter Iman, Ilmu dan Amal.

Hal ini dipertegas Ketua ICMI Organisasi Wilayah (ORWIL) Maluku Utara, Kasman Hi. Ahmad dalam arahannya usai melantik pengurus ICMI Orda Kota Tidore Kepulauan pada Selasa, 17 Oktober 2023, Siang tadi di Aula Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan.

Kasman menegaskan bahwa penggurus ICMI dimanpun berada agar terus mengingat akan Lima kualitas yang harus dilakukan dan dicapai yang pertama kualitas iman dan taqwa,  kulitas pikir, kualitas kerja dan kualitas hidup, yang harus dilakukan sebagai kualitas sebuah bangasa. 

“Unutk itu dalam rangka membicarakan isu-isu strategis daerah icmi Orwil Maluku Utara telah menyediakan suatu podcast yang diberi nama PERCIK yaitu singkatan dari Percakapan Cindekia” Ucap Kace, Sapaan Akrab Kasman Hi. Ahmad.

Pada podcast ini, lanjutnya akan menghadirkan para kepala dinas, lembaga, komunitas dan teman-teman yang berada diposisi strategis berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi. Disini ICMI akan menjadi tempat untuk unjuk pikiran, gagasan dan solusi.

Senada, Ketua terpilih Yusuf Kamis, juga menegaskan bahwa  ICMI lahir sebagai mitra startegis sekaligus mitra kritis pemerintah. Dimana ICMI, berperan untuk mewujudkan fungsi sebagai suatu lembaga berkumpul dan berkehimpunan para intelektual cendikia untuk dapat mewujudkan suatu citra mulia. Agar dapat mewujudkan umat yang lebih baik, berkualitas demi terciptanya kesejahteraan.

“ICMI harus menjadi rumah umat Islam dan pelopor agenda aksi transformasi,” katanya.

Menanggapi peran ICMI ORDA. Kota Tidore Kepulauan, Staf Ahli Walikota,  Marjan Djumati saat mewakili Walikota Tidore mengatakan bahwa ICMI memiliki kapasitas besar untuk berkontribusi, baik berupa gagasan, pemikiran dalam pembangunan di Kota Tidore Kepulauan.

“ ICMI menjadi role model Islam, juga berkontribusi profesional sesuai keahlian masing-masing untuk menjamin kemajuan di Kota Tidore Kepulauan. dan juga ICMI sebagai elemen penting untuk pemberdayaan masyarakat yang maju dan berkualitas serta dapat selaras dengan Visi Pemerintah Daerah untuk Terwujudnya Masyarakat Sejahtera, Menuju Tidore Jang Foloi” Ungkapnya.

Diketahui, Pelantikan tersebut berdasarkan surat keputusan  Majelis Pengurus Wilayah Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia Maluku Utara, Nomor : 16/SKO-W/ICMI-MU/VII/2023 Tentang Pengesahan Susunan Majelis Pengurus Daerah Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia Kota Tidore Kepulauan Periode 2023-2028. Dengan menetapkan Yusuf Kamis sebagai Ketua dan Sekertaris Mansyur Jamal.

Selain Pelantikan, Juga dirangkaikan dengan Bedah Buku yang di tulis oleh Dr. dr. Tufik Fedrik Pasiak, M.Kes. M.Pd.I tentang OTAK dan KOTA (Interaksi Tuhan, Alam dan Manusia). Yang dibedah oleh Dr. Herman Oesman, Dr. Sofyan Saraha dan Dr. Isra Muksin.

Share:
Komentar

Terbaru