SEKDA TIKEP Pimpin Rapat Kordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting

Editor: Redaksi

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo Menghadiri Dan Memberikan Arahan Pada Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Tidore Kepualuan Tahun 2023 di Aula Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menggelar Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023, Rakor ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Selasa (31/1/2023).

Dalam arahannya, Ismail mengatakan, rapat koordinasi stunting ini merupakan rapat yang kesekian kalinya, terkait dengan perkembangan stunting, bila dibandingkan dengan Kabupaten/Kota yang lain, Kota Tidore masih bisa diandalkan. Namun perlu ditingkatkan lagi, sehingga progres mengenai stunting ini bisa terjawab.

“Kita tidak bisa menyerah sampai disitu saja, akan tetapi lebih meningkatkan lagi, sehingga progres-progres mengenai stunting ini bisa terjawab atau bisa dinilai lebih baik lagi oleh Pemerintah Pusat, karena program penenanganan stunting ini adalah program nasional,” Tutur Ismail.

Lebih lanjut, Ismail menambahkan, penanganan stunting ini juga mempengaruhi dana transfer APBD, jadi harus serius khususnya kepada OPD, karena stunting ini program Pemerintah yang dapat mempengaruhi dana transfer. Ia juga memberikan apresiasi kepada Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan atas capaian predikat ke 2 Inovasi Daerah Kota Tidore Kepulauan.

“Saya memberikan apresiasi kepada Bappelitbang karena berdasarkan release Senin (30/1) malam, Inovasi Daerah Kota Tidore Kepulauan yang dulunya urutan ke-7, sekarang sudah di urutan ke-2, sekali lagi saya memberikan apresiasi kepada Bappelitbang dan seluruh OPD, mudah-mudahan stunting juga demikian, kita saling berkoordinasi,”Imbuh Ismail

Di kesempatan yang sama, Satgas Penanganan Stunting Kota Tidore Kepulauan, Asria L Lino menyampaikan, di Tahun 2022, Alhamdulillah Kota Tidore Kepulauan mengalami penurunan prevalensi stunting yang cukup signifikan, yaitu 6%, dari angka 25,1% turun menjadi 19,1%.

“Ini perlu kita apresiasi atas kerja-kerja Pemerintah Kota Tidore yang kemudian bisa mendukung program prioritas Presiden. Kota Tidore Kepulauan sudah melakukan pekerjaan yang memang ternilai dalam laporan tahunan kinerja pemerintah itu sangat baik sekali, dan ini terlihat buktinya nyata, bahwa angka penurunan stunting sesuai target bisa kita capai, namun ada hal-hal yang perlu kita tingkatkan, contohnya adalah publikasi, kita masih kurang dalam hal tersebut, jadi ini yang perlu kita tingkatkan di tahun 2023,” Jelas Asria

 


Share:
Komentar

Terbaru