Balbar Raih Desa Mandiri, Maju dan Berkembang Dari Kementrian Desa

Editor: Redaksi
Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim (Tengah) menyaksikan pemberian Piagam Desa Mandiri dari Menteri Desa PTT A. Halim Iskandar (Kiri) Kepada Kepala Desa Balbar


Desa Balbar Kecamatan Oba Utara meraih penghargaan Desa Mandiri, Maju dan Berkembang  dari Kementerian Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia, ditandai dengan penyematan lencana desa mandiri, dan penyerahan piagam penghargaan secara langsung oleh Menteri Desa (PDTT) Abdul Halim Iskandar kepada Kepala Desa Balbar Amir Abdullah, disaksikan oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim di Pelataran Sentra Promosi IKM, Jalan Pantai Tugulufa, Jum’at (14/10/2022).

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, pada dua tahun yang lalu masih banyak Desa yang berstatus Sangat Tertinggal dan Tertinggal berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) di Kota Tidore Kepulauan, namun pada hari ini di depan Pak Menteri dengan bangga kami sampaikan bahwa Kota Tidore Kepulauan tidak lagi memiliki Desa yang berstatus Sangat Tertinggal dan hanya tersisa 4 Desa yang berstatus Tertinggal, bahkan di tahun ini Kota Tidore Kepulauan memiliki 1 Desa yang berstatus Desa Mandiri yaitu Desa Balbar di Kecamatan Oba Utara.

“Pemerintah Kota Tidore Kepulauan juga akan memberikan apresiasi dan Penghargaan kepada Desa yang berstatus Mandiri dengan Alokasi Kinerja melalui Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBD, dan Perlu juga kami laporkan, bahwa pada tahun 2022 ini terdapat beberapa bantuan yang diberikan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Kota Tidore Kepulauan yakni pada pengembangan Desa Wisata di Pulau Maitara, Pembangunan Pasar Desa di Bale, dan bantuan Pengembangan BUMDES untuk 3 Desa di Kota Tidore Kepulauan,”Imbuh Ali Ibrahim.

“Tentunya bantuan ini sangat berarti bagi kami, terutama dalam meningkatkan ekonomi Desa dan masyarakatnya yang tentunya bertumpuh pada peningkatan kesejahteraan dan mengentasan kemiskinan di Desa,” Lanjut Ali Ibrahim.

Sementara itu, usai penyematan lencana dan penyerahan penghargaan, Menteri Desa (PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Kepala Desa Balbar atas diraihnya penghargaan status Desa Mandiri. Ia berharap dengan penghargaan ini bisa menjadi contoh bagi Desa-Desa lainnya di Kota Tidore Kepulauan dalam pengembangan pembangunan di Desa.

 “Tentunya masih banyak lencana-lencana yang disiapkan bagi kepala-kepala Desa yang berprestasi, ini sebagai bentuk apresiasi dari Kemendes kepada Kepala Desa, agar setiap prestasi bisa diketahui oleh masyarakat, dengan apa yang diraih dan apresiasi yang diberikan. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Bapak Wali Kota Tidore Kepulauan yang telah bersama-sama dengan Kepala Desa untuk terus berupaya mempercepat pembangunan Desa,” Ucap Halim.

 Selain penyematan lencana dan penyerahan piagam penghargaan, Menteri Desa (PDTT) Abdul Halim Iskandar juga menyerahkan bantuan dari Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, berupa pengadaan alat kesenian qasida sebanyak 1 paket di tahun 2022 dan pembangunan tembok tepi jalan sepanjang 1,3 KM pada tahun 2023 secara simbolis dan diterima langsung oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrhaim.

Share:
Komentar

Terbaru