Wakil Walikota Hadiri Harla Ikatan Bidan Indonesia Kota Tidore Kepulauan

Editor: Redaksi

Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen memberikan sambutan pada acara Ulang Tahun Ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Aula SMK N 1 Tidore Kepulauan, Selasa (572024)

Wakil Walikota Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen menghadiri Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tahun 2022 IBI Kota Tidore Kepulauan yang ke 71 tahun, dirangkaikan dengan Acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Ranting Se-Kota Tidore Kepulauan, dengan tema “ Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju”.bertempat di Aula SMK N 1 Soasio, Selasa (5/7).

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Ranting Se-Kota Tidore Kepulauan sesuai Surat Keputusan Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonseia Kota Tidore Kepulauan Nomor : 15 Tahun 2022 tentang Pengesahan Susunan Pengurus-pengurus Ranting Ikatan Bidan Indonesia Kota Tidore Kepualauan Masa Bakti 2018-2023.

Wakil Walikota dalam sambutannya menyampaikan Bidan merupakan tenaga professional yang bertanggung jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan serta nasihat selama masa hamil, persalinan dan nifas, memfasilitasi dan memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir dan bayi.

Lanjut Muhammad Bidan diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme agar mampu memberikan pelayanan sesuai standar profesi dan kewenangan, selain itu memperkuat eksistensi pelayanan kesehatan primer melalui oprtimalisasi pelayanan kebidanan.

“ Selamat Ulang Tahun IBI yang ke- 71 dan selamat kepada Pengurus-pengurus Ranting IBI yang baru saja dikukuhkan. Semoga Allah SWT, meridhoi dan melimpahkan rahmatNya kepada kita semua dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan” tutup Muhammad Senin.

Sambutan Ketua Umum  PP IBI yang di bacakan oleh Sukma Albanjar selaku Ketua IBI Kota Tidore Kepulauan mengatakan Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan strategis yang memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan kebidanan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, khususnya kesehatan reproduksi perempuan dan tumbuh kembang baya dan balita.

“ Banyak ahli membuktikan bahwa meningkatkan status kesehatan ibu dan anak dalam mempersiapkan generasi yang berkualitas dimulai sejak dini, yaitu sejak sebelum hamil atau bahkan dimulai dari masa remaja sesuai siklus kesehatan reproduksi perampuan. Pengawasan kesehatan ibu sebelum hamil sangat menentukan kualitas anak yang akan dilahirkan” kata Sukma.

Sementara Laporan Ketua Panitia Rita Supatmi  Buamona tujuan secara umum  dari kegiatan ini  terselenggaranya Peringatan Hari Ulang Tahun IBI Ke 71 Tahun 2022 dengan mensukseskan program Pekan Imunisasi Dunia sedang secara khusus Peningkatan kapasitas bidan dalam peningkatan kualitas pelayanan KIA-KB dan Kesehatan Reproduksi di Era Pandemi, Optimalisasi peran bidan dalam mendukung program imunisasi khususnya pada pekan Imunisasi Anak Nasional, Pengutan organisasi profesi konsolidasi tingkat pusat dan daearah, Penguatan organisasi profesi tingkat global, Peningkatan kepedulian dan kecintaan anggota terhadap organisasi IBI serta penguatan persatuan dan persaudaraan bidan dalam wadah Ikatan Bidan Indonesia.

Kegiatan yang dilanjutakan dengan Pemberian Bira Boso kepada kedua bidan tertua dari Wakil Walikota Tidore, Muhammad Sinen Kepada kedua Bidan tersebut yaitu Bidan Hj Safiah Basalim dan Bidan  Hj Rahima Talaohu

 

Share:
Komentar

Terbaru