Pemkot Tidore Kepulauan Hibah Tanah 5 Hektar Ke Universitas Khairun Ternate

Editor: Redaksi


Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim menyerahkan sertifikat hibah tanah seluas 5 hektar kepada Rektor Universitas Khairun Ternate M. Ridha Ajam dalam acara serah terima hibah barang milik daerah dan penyerahan sertifikat tanah dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan kepada Universitas Khairun Ternate yang berlangsung di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Rabu (6/7/2022)

Mengawali sambutannya dalam kesempatan tersebut, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim mengatakan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menyerahkan sertifikat hibah tanah seluas 5 hektar kepada Universitas Khairun sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia serta meningkatkan kualitas generasi di masa yang akan datang agar menjadi generasi terbaik di bidang pendidikan.

“Saya serahkan hibah tanah seluas 5 hektar ini kepada Rektor Universitas Khairun, semoga dengan hibah tanah ini, Universitas Khairun bisa memanfaatkan dengan baik dan berkembang menjadi satu-satunya Universitas Negeri di Maluku Utara yang mampu mencetak generasi terbaik untuk meningkatkan sumber daya manusia di Maluku Utara dan Kota Tidore Kepulauan pada khususnya,” tutur Ali Ibrahim

Lebih lanjut Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim yang juga selaku Ketua Ikatan Alumni Unkhair Kota Tidore Kepulauan tersebut mengatakan, untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kota Tidore, ia bersama Wakil Walikota Tidore telah berdiskusi agar kedepannya menerima perguruan tinggi yang masuk di Kota Tidore Kepulauan sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia.

“Setelah berdiskusi, saya dan Wakil Walikota menemukan solusi bahwa kedepannya untuk meningkatkan sumber daya manusia, maka harus menerima perguruan tinggi yang masuk di Tidore, karena kita memiliki sumber daya alam yang sangat terbatas, olehnya itu kita harus bergerak untuk meningkatkan sumber daya manusianya,” tutur Ali Ibrahim

Ali Ibrahim juga menambahkan, untuk hibah lahan kepada Universitas Khairun masih tersedia sekitar 70 hektar, hal tersebut sudah didiskusikan dengan DPRD Kota Tidore Kepulauan, namun masih menunggu persetujuan untuk melakukan balik nama, ini dilakukan untuk masa depan anak cucu yang akan datang, sesuai dengan visi misi yaitu meningkatkan sumber daya manusia di Kota Tidore Kepulauan.

Sementara itu, Rektor Universitas Khairun M. Ridha Ajam dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan serta Walikota Tidore yang telah memberikan hibah tanah kepada Unkhair, karena Unkhair yang saat ini berada di 3 titik lokasi di Kota Ternate sudah stag dan tidak bisa lagi bergerak.

“Unkhair yang berlokasi di Kota Ternate saat ini sudah stag dan tidak bisa lagi bergerak, dengan lahan yang cuma 8 hektar di Gambesi dan 4 hektar di Akehuda itu kami sudah tidak punya ruang untuk berkembang, jika tahun ini sekitar 4000 mahasiswa masuk lagi, maka hampir bernapas pun sudah tidak bisa, karena itu kita harus ekspansi mencari lahan untuk memindahkan Universitas Khairun Ternate” tutur M. Ridha

Ridha juga menambahkan, ia sangat bersyukur ketika menyampaikan keluh kesah Universitas Khairun ini ke Walikota Tidore, karena ketika disampaikan langsung dibantu. Alhamdulillah ketika disampaikan dalam jangka waktu belum sampai 6 bulan, sertifikat hibah tanah ini kami terima. Hal ini menunjukan komitmen beliau terhadap dunia pendidikan, beliau tidak berpikir orang Tidore saja, tapi beliau berpikir Unkhair ini milik Maluku Utara.

Usai acara serah terima hibah barang milik daerah dan penyerahan sertifikat tanah seluas 5 hektar yang berlokasi di Desa Akelamo Kecamatan Oba Tengah tersebut, acara dilanjutkan dengan audiens dan sosialisasi kegiatan program merdeka belajar – kampus merdeka oleh fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Khairun Ternate dengan Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Ahli dan Asisten Walikota, Pimpinan OPD di Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, serta Para Kepala Desa se Kecamatan Oba, Oba Utara dan Oba Tengah.

Share:
Komentar

Terbaru