Walikota Tidore Kepulauan Hadiri Acara Pembukaan IJCST

Editor: Redaksi author photo


Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim menghadiri pembukaan International Joint Conference on science and Technology (IJCST), di Gamalama Ballroom, Sahid Bela Hotel, Ternate, Rabu (27/10/2021).

Fakultas Teknik Universitas Khairun Ternate menjadi tuan rumah pegelaran International Joint Conference on science and Technology (IJCST) yang ke-5 Tahun dengan mengusung tema “Science and Technology Innovation on post-disaster resilience, challenges and opportunities for a Better World” yang dibuka secara resmi oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi secara virtual.

Kegiatan pembukaan dilaksanakan secara luring maupun daring yang diikuti oleh para Rektor dan wakil rektor yang terhimpun dalam konsursium serta para dekan dalam lingkup Universitas Khairun Ternate.

Sebanyak sembilan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang tergabung dalam konsorsium ini, diantaranya Universitas Khairun Ternate yang menjadi tuan rumah pegelaran IJCST, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Makasar, Universitas Negeri Manado, Universitas Veteran Jakarta, Universitas Veteran Jawa Timur, Universitas Kediri, dan Universitas Musamus Merauke.

Rektor Universitas Khairun Ternate Dr. M Ridha Adjam dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan IJCST merupakan suatu kehormatan bagi Universitas khairun untuk aktif berkolaborasi dan bergabung dalam konsorsium untuk menyelenggarakan International Joint Conference on science and Technology, “suatu kebanggaan bagi saya karena Universitas Khairun menjadi tuan rumah dalam pegelaran IJCST yang ke-5 Tahun dengan harapan agar para peserta mampu gunakan kesempatan ini untuk berjejaring dengan orang lain, berbagi ide dan pengetahuan, sambil meningkatkan kepekaan kita terhadap kesejahteraan sosial di antara kita sekalian.” Harapnya

Sementara, Ketua Panitia yang juga selaku Dekan Fakutas Teknik Universitas Khairun Ternate Lita Asyriati Latif mengatakan topik dari IJCST ini meliputi pencegahan, mitigasi dan adaptasi terhadap bencana alam yang serin g terjadi di Indonesia.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan kontribusi khusus pada pembangunan nasional ketahanan bencana kapasitas, dengan mempertemukan akademisiterkemuka, peneliti dari berbagai negara untuk berbagi inovasi, penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membahas tantangan yang dihadapi disetiap konteks regional dan menawarkan solusi praktis.” jelas Lita

Konferensi ini juga menghadirkan pembicara utama dari Universitas Khairun Ternate Prof. Husen Alting, Prof A.P Bayuseno dari Universitas Diponegoro , Prof Muhammad Aziz dari Institut Ilmu Industri Univbersitas Tokyo, Micah Fisher dari University of  Hawaii, Rizki Mardian dari University of Edinburg, Scotland UnitedKingdom, Prof Franck Lavigne dari Universitas de Paris, Prof  Bill Carter dari Sunshine Coast University, Australia, Indra Kesuma Nasution Penasihat Asean Nagoya Center Jepang yang dilakukan melalui Vidio Conference Zoom Meeting.

Acara ini juga dilakukan penandatanganan MoU oleh para Rektor anggota konsorsium dan para Dekan anggota konsorsium.

 

Share:
Komentar

Terbaru