Dinsos Halbar Salurkan Bantuan Kepada 121 Anak dan 105 Lansia

Editor: Redaksi
Penyerahan bantuan oleh Danny Missy | Foto Ruslan Habsy

JAILOLO,MALUT.CO - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) bekerjasama dengan LKS Rakamoi, kembali menyalurkan bantuan sosial. 

Bantun tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Halbar Danny Missy, pada Senin (18/12/2017) sore tadi yang dipusatkan di Desa Balisoan, Kecamatan Sahu.

Kepala Dinsos Halbar, Samsuri Madjid, mengatakan, ada beberapa jenis bantuan yang diserahkan Bupati diantaranya, tabungan sosial anak (Tasa) bagi 121 anak keluarga tidak mampu di Kecamatan Jailolo, Jailolo Selatan, Sahu dan Sahu Timur.

Kemudian bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 315 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Sahu dan 158 KPM di Sahu Timur.

Acara penyaluran bantuan yang dipusatkan di Desa Balisoan Kecamatan Sahu tersebut kata Samsuri, juga disalurkan bantuan untuk 105 orang Lansi penerima program Asistensi Sosial Untuk Lanjut Usia Terlantar (Aslut) yang tersebar di Kecamatan Sahu Timur, Jailolo Selatan dan Ibu Selatan. 

"Berhubung karena keterbatasan dana, sehingga program Aslut ini belum menyentuh Lansia di Kecamatan Jailolo, Jailolo Timur, Sahu, Ibu, Tabaru dan Loloda, mudah-mudahan 2018 nanti sudah terakomodir karena kuota Aslut akan bertambah," ungkap Samsuri Madjid, dalam laporannya di acara penyaluran tersebut.

Selain tiga program Kemensos RI di atas, pada kesempatan itu, Bupati Danny juga memberikan insentif bagi para Imam Mesjid dan Pendeta di Kecamatan Sahu yang berjumlah 30 orang. 

"Saat ini saya (Bupati Danny,red) intens berkordinasi dengan Kemensos, untuk memback-up peluncuran beberapa item Bansos ke Halbar 2018 mendatang," kata Danny Missy disela-sela acara tersebut. 

Rencanannya program sosial lain yang akan diluncurkan Kemensos RI pada 2018 mendatang di Halbar diantaranya, KUBE untuk Keluarga Miskin daerah pesisir, Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Bantuan Sarana Lingkungan, kemudian Keserasian Sosial, Aslut, disabilitas berat, Tasa, Taman Sosial Anak dan BPNT pengganti Rastra. 

Sekadar diketahui, LKS Rakamoi  bersama Dinsos Halbar, sudah beberapa kali menyalurkan bansos bagi kelompok masyarakat penerima manfaat program kesejahteraan sosial, seperti program home care bagi Lansia Miskin dan program Tepak untuk anak usia sekolah.

Lan
Share:
Komentar

Terbaru