Berharap Pemda Kembangkan Wisata Bobane Saicico

Editor: Redaksi
Wisata Bobane Saicico | Foto Istimewa

JAILOLO,MALUT.CO - Wisata Pantai Marimbati atau Wisata Bobane Saicico Desa Lako Akediri, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), mulai jadi primadona bagi warga untuk berakhir pekan. 

Minggu (3/12/2017) misalnya, wisata pantai ini dipadati pengunjung dari berbagai desa di wilayah Halmahera Barat (Halbar).

Pengelola Wisata, Samsu Majid, kepada wartawan, Minggu tadi, mengatakan, sebelumnya wisata pantai ini sudah lama  ramai dikunjungi wisatawan, terlebih sebelum tahun 2000 atau sebelum konflik SARA. Jadi, kalau akhir-akhir ini memblundak jumlah pengunjung itu hal yang biasa.

Lanjut dia, wisatawan lokal belakangan semakin berkunjung karena mulai ada aktivitas berdagang yang dilakukan oleh masyarakat berupa makanan ringan dan minuman di lokasi. Sehingga, beberapa bulan terakhir wisata Bobane Sai Cico mulai menjadi terkenal, dan mulai ramai dikunjungi. 

Suasana pengunjung di lokasi wisata Bobane Saicico | Foto Ruslan Habsy

Dia juga mengharapkan agar ke depannya Wisata Bobane Saicico bisa menjadi perhatian Pemkab Halbar, agar lebih banyak lagi pengunjung. Karena, sejumlah fasilitas seperti bangunan villa yang sebelumnya dibangun oleh masyarakat saat rutin kunjungan sultan Ternate Almarhum Mudaffar Syah telah rusak akibat konflik tahun 2000 lalu.

" Memang kami (Pengelola) mengakui fasilitas pendukung di lokasi Wisata ini banyak kekurangan, sehinga masih diperlukan bantuan dari Pemerintah," katanya.

Sebab dengan ramainya pengunjung bisa mendatangkan berkah tersendiri bagi warga masyarakat.

Sementara salah satu pengunjung, Suleman, guru salah satu sekolah SD di Jailolo bersama rombongannya mengaku, memilih Objek wisata Bubane  Saicico karena keindahan alam yang asli. Walaupun masih kekurangan banyak fasilitas tapi kenyamanan tetap ada. Terlebih luasnya pantai membuat wisatawan sesuka hati bisa menikmati saar refreshing

Tambahnya, bila sudah ada perhatian serius dari pemerintah, dirinya yakin wisata ini akan lebih maju dan lebih banyak pengunjungnya. Dibanding tempat wisata lain. Karena, selain pepohonan yang rimbun serta air laut serta air kali, juga ada magrove yang banyak tumbuh subur dengan jumlah ribuan pohon.

Berdasarkan amatan, memang benar masih banyak kekurangan fasilitas pendukung, tetapi antusias pengunjung kian bertambah dari hari ke hari. Hal itu karenakan lokasinya yang indah, bersih dan masih benar-benar alami. 

Lan
Share:
Komentar

Terbaru