DPMD Halut Dituding Lindungi Kades Togoliua

Editor: Redaksi
Nyoter J Koenae | Foto Istimewa

TOBELO,MALUT.CO -Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), dianggap melindungi  kepala desa (Kades) terpilih Desa Togoliua Kecamatan Tobelo Barat.

Anggapan ini semakin menyakinkan setelah diketahui ijazah paket C milik Sunarto Hamam, selaku kades terpilih Desa Togoliua bermasalah. Protes Ijazah Palsu milik Sunarto oleh sejumlah masyarakat tak terkendali. 

Salah satunya, ijazah Paket C pada Sekolah Menengah Pertama (SMP), milik  Sunarto ketika Pilkades sebagaimana dikantongi pihak DPMP dan Panitia Pilkades berbeda. 

Buktinya, tercatat pada panitia Pilkades tertera Sunarto ketika itu menyerahkan ijazah berasal dari SMP Negeri 3. anehnya, ijazah tersebut berbeda seperti yang dipegang DPMD selaku tim Verifikasi berkas. Karena  pihak DPMD mengantongi ijazah milik Sunarto itu berasal dari SMP Negeri 1. 

“Aneh masa ijazah bisa berubah seperti itu. Saya curiga DPMD sudah main mata dengan Sunarto supaya meloloskan berkasnya,” ungkap Hujail, salah satu masyarakat Desa Togoliua. Selasa 28 November 2017. 

Ia mengaku, bukan hanya berbeda. Tapi,lebih aneh lagi ijazah dari SMP 1, yang dikantongi oleh DPMD itu dikeluarkan tanggal 13 Oktober. dan itu sudah selesai Pilkades. 

“Pilkades serentak tanggal 4 oktober. Berarti ijazah itu di palsukan. Saya pikir Sunarto tidak kerja sendiri pasti ada oknum tertentu yang coba bermain,” tandasnya. 

Kabid Pemerintahan Desa DPMD, Franki Hole, ketika dikonfirmasi enggan berkomentar banyak. Menurut dia langsung saja dikonfirmasi ke Kadis. 

“Oh kalau persoalan. Itu langusng tanya saja ke Pak Nyoter J Koenae. Karena dia selaku Kadis,” singkatnya. 

Sementara, Kadis DPMD Nyoter J Koenae mengatakan jika Kades Terbukti melakukan pemalsuan akan kami tindak tegas. Kemungkinan dipecat. 
"Kami tinggal tunggu. Jika terbukti kami akan keluarkan surat pemecatan," tegas Nyoter.

Sekadar diketahui, kasus protes ijazah palsu sudah dilaporkan ke Polres Halut. Sementara ini tahanannya masih pada pemeriksaan saksi saksi oleh penyidik. 

Zet
Share:
Komentar

Terbaru