Distan Halbar Gelar Sosialisasi Penguatan Lembaga Ekonomi Masyarakat

Editor: Redaksi
Foto bersama usau kegiatan | Foto Ruslan Habsy

JAILOLO,MALUT.CO - Dinas Pertanian (Distan) Halmahera Barat (Halbar) menggelar sosialisasi penguatan Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) 2017. 

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Baikole lantai II Kantor Bupati Halbar, pada Selasa 28 November 2017 tadi, dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Halbar Bidang Hukum, Markus Saleky. 

Markus yang mewakili Bupati Halbar Danny Missy dalam sambutannya  mengatakan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini, guna merestrukturisasi kelembagaan masyarakat desa menjadi lembaga yang kuat, mandiri, berkeadilan, berdaya saing dan berkelanjutan.

"Dengan itu sasaran penguatan LEM untuk  menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia, potensi wilayah, program/kegiatan dan pengembangan industri pedesaan, sehingga berdaya saing, mandiri dan sejahtera," ungkapnya.

Markus melanjutkan,  harapan Pemkab adalah perlu adanya dukungan dari para pelaku dan pemangku kepentingan, menyamakan persepsi tentang pentingnya pengembangan LEM desa sebagai pemersatu seluruh warga sekaligus mensinergikan program dari berbagai Kementrian, SKPD, provinsi dan kabupaten.

"Sesuai dengan Tema kita; yaitu Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Petani Melalui Penumbuhan Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) di Halbar ini" jelasnya. 
 ‎
Dikatakan Markus, untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya sebagai penggerak perekonomian masyarakat di pedesaan. Juga diharapkan dapat menyadarkan kita akan pentingnya suatu kelembagaan ekonomi yang kuat di tingkat desa, sehingga tujuan dan harapan akan kesejahteraan masyarakat tani dapat terwujud.

Sementara Kapala Dinas Pertanian Provinsi Malut yang diwakili Kabid SP Abjan Doa, mengatakan, pembangunan perdesaan merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan nasional. Sehingga perlu didorong pembangunan di perdesaan dan harus terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.

"Sejak dulu sudah ada dukungan dari hampir semua kementerian/lembaga di tingkat atas dan SKPD baik di provinsi maupun kabupaten, namun belum dapat meningkatkan daya saing, khususnya petani seperti yang kita harapkan" ungkapnya. 

Jadi kata dia, dengan kehadiran LEM di Halbar semoga semakin mempercepat terwujudnya masyarakat Halbar pada khususnya dan Malut pada umumnya yang sejahtera dan mandiri." Tutupnya.

Usai sambutannya sekaligus pembukaan secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara peserta dan narasumber dari tim Asistensi dari Dirjen Kementerian Pertanian.

Lan
Share:
Komentar

Terbaru