Menangkan Pilkades, Pendukung Elisa Gelar Pawai

Editor: Redaksi
Suasana seusai pawai | Malut.Co/Doni

BULI,MALUT.CO - Proses pemilihan Kepala Desa Saelal, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Senin 23 Oktober 2017, dimenangkan oleh pasangan calon nomor urut 1, Elisa Susu. Dengan total perolehan suara sebanyak 333 di dua tempat pemungutan suara (TPS). 

Dari pantauan MALUT.CO, setelah perhitungan surat suara di dua TPS dan dinyatakan calon Kades nomor urut 1 Elisa Susu memenangkan Pilkades, massa pendukungnya langsung tumpah-rua disekitaran TPS. Selanjutnya massa pendukung beserta Kades terpilih melakukan pawai keliling Desa Saelal dan sekitarnya.

Setelah massa pendukung Elisa pawai, para pendukungnya kembali ke kediaman Elisa, dan langsung diadakan pesta ronggeng. Tampak raut gembira dan penuh semangat para pendukung atas kemenangan Elisa dalam pertarungan Pilkades Saelal.

Ketua Panitia Pilkades Saelal, Forham Susu menyampaikan, pemilihan Pilkades serentak di Desa Saelal, berjalan dengan lancar dan danai hingga perhitungan suara selesai. 

"Untuk perolehan masing-masing calon Kades yang terbagi di dua TPS diantara, TPS 1 calon nomor 1 Elisa Susu sebanyak 195 suara. Nomor urut 2, Rocky Turungan, sebanyak 53 suara. Nomor urut 3, Jondri Aipassa, sebanyak 101 suara. 

Sementara di TPS 2, Nomor urut 1, sebanyak 138 suara. Nomor 2, sebanyak 129 suara. Nomor urut 3, sebanyak 34 suara." Jelas Forham kepada awak media saat ditemui usai melakukan perhitungan surat suara.

Selain itu, Forham menjelaskan, terkait dengan keterlibatan keluarga calon Kades nomor urut satu, pihaknya telah melakukan kosultasi dengan Badan Permberdayaan Masyarakat Desa Pemkab Haltim, bahwa tidak menjadi masalah. Pasalnya, dalam Peraturan Bupati, melarang panitia Pilkades mempunyai hubungan keluarga dekat dengan calon Kades.

"Kami sudah konsultasi ke BPMD Pemkab Haltim, tapi tidak jadi masalah. Kami memang keluarga, tapi saudara bukan sedarah," pungkasnya.

Terpisah, Kades Saelal Terpilih, Elisa Susu menyampaikan, dengan terpilihnya kembali sebagai Kades Saelal, dirinya akan melanjutkan program-program yang belum terealisasi diperiode sebelumnya.

"Program bakal saya lakukan pembukaan badan jalan pemukiman, pemberdayaan kelompok nelayan, petani. Selain itu mengawal masyarakat untuk bekerja disetiap perusahan yang ada di Buli," janjinya.

Bahkan, kata Elisa, dirinya berkomitmen akan mengakomodir bagi calon Kades yang belum terpilih untuk sama-sama membangun Saelal kearah yang lebih baik lagi. "Saya akan bergandengan tangan dengan calon Kades yang belum terpilih untuk sama-sama membangun desa. Ini sudah menjadi komitmen kami." Tutupnya. 

Doni
Share:
Komentar

Terbaru