Raih Juara II Nasional, Independensia Buktikan Eksistensi Literasi Malut

Editor: Redaksi
Foto bersama seusai penyerahan hadiah | Malut.Co/Safrudin

Gerakan Literasi Tak Pernah Mati

JAKARTA,MALUT.CO - Perpustakaan Independensia berhasil meraih juaraa II Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Nasional, yang diumumkan Tim Juri, Selasa 12 September 2017, di Ballroom Hotel Lumire Jakarta. Hal ini membuktikan bahwa gerakan literasi di Maluku Utara (Malut), belum mati. 

Keberhasilan Perpustakaan Independensia sebagai perwakilan Provinsi Maluku Utara, dinilai dari hasill Presentasi Kegiatan Perpustakaan, Tata Kelola Kepustakaan, serta diskusi dan tanya jawab dari hasil presentasi dengan Juri. 

Sementara juara I diraih oleh Perpustakaan Ngapoboa, Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat.

Ketua Perpustakaan Independensia, Mansyur Djamal mengatakan, hasil tersebut diraih atas kompetisi dengan empat perpustakaan dari empat provinsi yang berda di cluster C, yakni Provinsi Papua Barat, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat dan beberapa Provinsi di cluster A dan B. 

“Tentu juara ini juga merupakan hasil kerja keras pengelola Perpustakaan Independensia,” katanya.

Terlepas dari hasil yang membanggakan tersebut, Mansyur berharap, Perpustakaan yang berada di Keluarahan Sasa, Kota Ternate itu dapat hadir di tengah-tengah ruang publik dengan berbagai macam gerakan literasi seperti literasi kampung, literasi kampus, literasi sekolah, dan taman literasi sebagai upaya menumbuhkan budaya baca di Malut. 

"Saat ini Perpustakaan Independensia telah memulai dengan menggelar Literasi Nukila di Taman Nukila, setiap hari minggu,” ujarnya.

Dia juga berterima kasih kepada Pembina Independensia, Pemerintah Provinsi Malut, Pemerintah Kota Ternate serta Masyarakat Kota Ternate atas dukungan dan sumbangsih yang diberikan demi terlaksana kegiatan-kegiatan Perpustakaan Independensia. 

“Semua itu membuat Independensia dapat mewakili Malut mengikuti lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional dan meraih jura dua,” ucapnya.

Aff
Share:
Komentar

Terbaru