Kehadiran tak Capai 80 Persen, 5 SKPD Diberikan Sanksi

Editor: Redaksi
Wakil Bupati saat memimpin apel pagi pada Senin, 4 September 2017 di Halaman Kantor Bupati Halsel | Malut.Co/Safri Noh

LABUHA,MALUT.CO- Kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) terus diawasi. Hal ini dilakukan tidak hanya pada hari-hari biasa. Buktinya pada hari pertama kerja ASN pada Senin 4 September 2017 setelah cuti bersama dalam rangka hari raya idul adha pada Jumat 1 September 2017 pekan kemarin.

Wakil Bupati Halsel, Iswan Hasim, melakukan pemeriksaan pada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengikuti apel pagi di halaman kantor Bupati Halsel, pada saat memimpin apel pagi, jika terdapat kehadiran dibawah 80 persen disetiap SKPD yang mengikuti apel pagi, maka diberikan sanksi.

Salah satunya sanksinya SKPD tidak dapat dibubarkan dari barisan hingga kehadirannya mencapai 80 persen.

Hal itu disampaikan Iswan Hasim selaku Wakil Bupati Halsel, yang memimpin apel pagi pada pukul 07.50 WIT. "Setiap SKPD harus  melaporkan kehadirannya, jika tidak mencapai 80 persen, maka SKPD tersebut tidak dapat membubarkan diri dari barisan hingga mencapai 80 persen," kata Iswan.

Apel gabungan yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Halsel ini, merupakan apel perdana usai lebaran idul adha, apel yang diawali dengan pengecekan kehadiran ASN oleh masing-masing pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), yang langsung dilaporkan kepada Wakil Bupati.
Wabup mengatakan, hal ini bertujuan untuk memeriksa kepatuhan dan kedisiplinan ASN terhadap aturan. “Setelah menjalani cuti bersama, hari ini saya cek, Tidak ada yang tambah-tambah cuti,” kata Iswan.

Dari 30 SKPD yang diperiksa, terdapat 5 SKPD yang tidak mencukupi 80% sehingga tidak diperbolehkan bubar dari barisan yang saat itu sedang hujan gerimis, 5 SKPD itu antara lain. Bagian Umum dan Perlengkapan. Bagian Organisasi. Dinas Kelautan dan Perikanan. Dinas Parawisata dan Kesbangpol Halsel. Sanksi diberikan hingga kehadirannya mencapai 80 persen.
"Kalian tidak perlu khawatir, saya akan berdiri disini kehujanan bersama anda hingga pelaporan keseluruhan selesai, jadi tetap pada barisan," tegas Iswan saat ada pegawai yang bersuara takut kehujanan disela-sela laporan kehadiran SKPD ketika turun hujan gerimis.

Dalam kesempatam itu Wabup Iswan Hasjim mengajak seluruh ASN untuk selalu komitmen guna meningkatkan kedisiplinan di lingkup Pemda Halsel.

Masih dalam suasana Idul Adha, Wabup juga atas nama pemerintah daerah mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pegawai di lingkup Pemda Halsel.
 "Atas nama pemerintah daerah, Bupati dan Wakil Bupati mengucapkan selamat Idul Adha 1438 H/2017 M untuk seluruh ASN Halmahera Selatan, mohon maaf lahir dan batin," ucapnya saat menutup sambutan.

Rfq
Share:
Komentar

Terbaru