HIKMU Jakarta Gelar Seminar Nasional dan Silaturahmi Masyarakat MALUT

Editor: Redaksi
Foto Bersama seusai acara seminar | Foto Istimewa

JAKARTA,MALUT.CO - Himpunan Keluarga Maluku Utara (HIKMU) Jakarta, pada sabtu 23 september melaksanakan  kegiatan Seminar Nasional  dan Silaturahmi dengan Tema “OPTIMALISASI PERAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN MALUKU UTARA" Dr. Margarito Kamis selaku Ketua Umum HIKMU Jakarta, dalam sambutan Pembukaaan menyampaikan point penting dari kegiatan ini adalah bagaimana keluarga Maluku Utara yang ada di Jakarta memiliki konstribusi positif sebagai upaya partisipasi dalam pembangunan Maluku Utara. 

Pelaksanan seminar ini adalah salah satu bentuk kontribusi masyarakat Maluku Utara di Jakarta yang tergabung dalam HIKMU Jakarta, sebagai media menyampaikan pikiran-pikiran untuk pembangunan Maluku Utara kedepan. 

Tema ini, kami menilai sangat tepat dengan kondisi kekinian Propinsi Maluku Utara, dimana terjadi pergeseran budaya saling membantu antara sesama sebagai wujud partisipasi masyatakat.

Dr Margarito juga menyentil soal kegiatan amal Barifola yang digagas masyarakat Tidore di Ternate adalah sebuah hal baik, dimana Barifola adalah salah satu contoh budaya partisipatif masayarakat Maluku Utara. Nilai nilai ini harus didorong dan terus dilestarikan sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan Maluku Utara. 

Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh HIKMU Jakarta, mengahadirkan Narasumber Bapak Dr. Ir. Taufik Hanafi, MUP, Staf Ahli Menteri Perencanan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bidang Pemerataan dan Kewilayahan. Dan Taufik Madjid, S.Sos. Msi. Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 

Selain Agenda Seminar dan Silaturahmi, Margarito Kamis selaku Ketua Umum HIKMU Jakarta juga melantik Pengurus Forum Mahasiswa Pasca Sarjana (FORMAPAS) Jabodetabek Periode 2017-2019. Dalam pelantikannya Ketua Umum HIKMU Jakarta, meminta kepada Pengurus yang dilantik benar -benar melaksanakan amanat organisasi, harus mampu berinteraksi dengan semua mahasiswa maupun komponen masyarakat di Jakarta, karena Formapas adalah organisasi yang menghiimpun kaum intelektual muda asal Maluku Utara, selain itu Formapas juga menjadi bagian dari HIKMU Jakarta. 

Pengurus Formapas yang dilantik dibawah kepemimpinan Ketua Umum, Hasbi Jainal, dan Sekretaris Umum Firjal. 

Seminar dan silaturrahmi yang dilaksanakan di Gedung Sasana Wirasakti Puskesad selain dihadiri masyarakat dan mahasiswa Maluku Utara se-Jabodetabek juga hadir beberapa Tokoh maluku Utara. Sultan Ternate Hi. Syafruddin Syah, Sultan Bacan Alhajj Abdurrahim Gary Ridwan Jah, Mantan Bupati Halmahera Timur Kahar Taslim, Zainuddin Umasangadji, Antony Charles Sunaryo, Dr. Anshar Husen Staff Ahli Menteri Desa, PDTT. 

Diakhir sambutan Margarito menegaskan kemandirian organisasi ini dalam melaksanakan kegatan-kegiatan, jangan meminta dana kepada pemerintah, kita harus mandiri dan bersama-sama dalam organisasi HIKMU untuk menyatukan masyarakat Maluku Utara di Jakarta dan sekitarnya tanpa membedakan Agama dan Suku. Kita satu dalam masyarakat Maluku Utara. 

Sementara itu, Ketua Panitia, Iqbal Iskandar Alam, dalam sambutan menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat Maluku Utara di Jakarta sehingga kegiatan Seminar dan Silaturahmi ini dapat berjalan dengan baik. Terutama kepada jajaran Panitia, para donatur baik perorangan maupu n Paguyuban. 

Permohonan maaf juga disampaikan, sedianya ada 2 tokoh maluku Utara yang diundang Bapak Prof Dr Thamril Amal Tomagola, MA dan Bapak Dr. Ahmad Hatari, SE, M.Si dan juga tokoh nasional Bapak Prof.Dr.Jimly Assiddiqie, SH, namun karena tugas lain sehingga mereka berhalangan hadir. 

Red
Share:
Komentar

Terbaru