Bupati Halsel Diminta Eveluasi Sejumlah SKPD Penghasil PAD

Editor: Redaksi
Bupati Halmahera Selatan, Baharain Kasuba

LABUHA,MALUT.CO - Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dengan ketersediaan potensi sumberdaya alam (SDA) yang dimiliki daerah cukup berlimpah. Namun pengelolaan dan pemanfaatannya belum maksimal dilakukan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemkab Halsel.

Hal itu disampaikan ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Halsel, Nahrawi Rabbul kepada Malut.co pada akhir pekan kemarin. Ia mengatakan selama ini penerimaan PAD belum ada peningkatan, padahal  inilah yang menjadi harapan dalam menjawab tekanan perubahan fiskal secara nasional.

"Belum maksimalnya penggarapan PAD ini karena SKPD dibidang ekonomi masih lemah dan ini harus menjadi catatan Bupati," tandasnya. 

Hal tersebut, Nahrawi menyarankan kepada Bupati Bahrain Kasuba, agar mengambil langkah tegas dan pasti terhadap pimpinan SKPD. 

Perlu ada evaluasi terhadap pimpinan SKPD dibidang ekonomi tersebut. "Bupati harus mengambil langkah tegas dan pasti terhadap pimpinan SKPD ekonomi guna menggenjot PAD, karena jujur kita akui potensi daerah yang begitu banyak dimiliki daerah ini belum tergarap secara maksimal, padahal jika dikelola dengan baik maka dapat berdampak pada peningkatan penerimaan PAD," tandas Nahrawi. 

Nahrawi, merasa heran kepada sejumlah pimpinan SKPD dalam upaya menggenjot penerimaan PAD masih sangat memprihatikan. Akibatnya, penerimaan PAD dari tahun ke tahun selalu mengalami stagnasi.

Mencermati itu, Fraksi PAN meminta kepada Pemda dalam hal ini Bupati, agar dalam upaya mencapai target dan tujuan visi misi daerah, maka penempatan SKPD yang merupakan pelaksana teknis dalam menjalankan visi misi harus benar-benar dilihat kemampuan mereka. Karena jika dalam penempatan pimpinan SKPD tersebut kata ketua DPD PAN Halsel, tidak didasarkan kemampuan dan keahliannya maka apa yang dicita-citakan sudah jelas tidak akan tercapai.

"Kalau penempatan pimpinan SKPD bukan ahlinya, maka Fraksi PAN dengan jujur mengatakan Pemda tidak akan pernah sampai pada apa yang dicita-citakan. Olehnya itu desakan ini perlu menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti," imbuhnya.

Rfq
Share:
Komentar

Terbaru