Senpi Marak Beredar di Halut, KODIM Gelar Operasi Teritorial

Editor: Redaksi
  Senpi jenis laras pendek dan panjang yang dita oleh Kodim 1508 Halut | Mufrid/malut.co

TOBELO,MALUT.CO- Senjata api rakitan marak beredar di Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Buktinya, selasa 15 Agustus 2017, Komando Distrik Militer 1508 Halut, kembali mengamankan empat pucuk Senpi jenis laras pendek dan panjang di desa Kusuri, Kecamatan Tobelo Barat dan Desa Gosoma Kecamatan Tobelo.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, anggota Kodim juga telah mengamankan tiga pucuk senpi jenis laras panjang di Kecamatan Galela Selatan.

Sementara senpi yang diamankan hari ini ditemukan oleh anggota Kodim pada operasi teritorial (Opster). Serka, Visno Bitjoli dan Sertu, Evan Laksana Sitinjak.

Mereka mengaku penemuan senpi berdasarkan informasi dari Masyarakat, bahwa warga tertentu menyimpan atau memperoleh Senpi. Dari situ satgas melakukan pendekatan persuasif. 

“Lewat pendekatan persuasif. Oknum masyarakat tersebut langsung menyerahkan Senpi dengan sukarela,” ungkap Visno dan Evan.

Empat pucuk senpi itu, antara lain dua jenis pistol serta dua laras panjang. Semuanya masih aktif.

Terpisah, Dandim Kodim 1508 Letkol Arh, Herwin Budi Saputra mengatakan, senpi yang ditemukan itu merupakan Senpi peninggalan Konflik Horizontal 1999-2000.

“Ini sangat rawan karena bisa saja disalahgunakan. apalagi masih dalam keadaan aktif,” ungkap Herwin.

Untuk itu, Herwin selalu menekankan pada anggotanya agar memakai pendekatan persuasif agar dapat memberikan pemahaman tentang bahaya menyimpan senpi tanpa izin.

“Mari ciptakan situasi yang kondusif di Halut,” harap Herwin.

Penemuan senpi di Desa Kusuri yang telah diamankan yakni, satu laras panjang dan dua pistol, sedangkan di Desa Gosoma satu pucuk laras panjang.

Zet
Share:
Komentar

Terbaru