Bupati Halbar dan Dandim 1501 Tebar Benih Ikan Kerapu ke Keramba

Editor: Redaksi
Suasana saat menebar benih ikan kerapu ke karamba | Malut.Co/Ruslan

JAILOLO,MALUT.CO- Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy, bersama Dandim 1501 Ternate Letkol Inf. Abdul Razak Rangkuti, menebar sebanyak 10.500 benih ikan kerapu ke Keramba Bina Koramil 1501 - 03 Jailolo, di Desa Matui kecamatan Jailolo, Sabtu 19 Agustus 2017 tadi.

Bupati Danny Missy, dalam penyampaiannya, mengatakan, Pemkab Halbar sangat mendukung penuh atas Program Keramba (emas biru) yang digagas Pangdam XVI Pattimura.

"Karena Halbar memiliki potensi perikanan yang cukup melimpah, jadi sangat disayangkan bila kita tidak memanfaatkannya," sebutnya.

Melalui program seperti ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat maupun daerah, sehingga Pemkab menganggarkan untuk pembuatan Keramba serupa yang lebih dan pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat.

Untuk proses pemasarannya, Pemkab Halbar sudah _joint_ dengan investor dari Korea, dan hasil panennya bisa langsung diekspor.

"Untuk memaksimalkan proses pembiakan dan pembesaran Keramba, saya sudah memerintahkan kepada Kadis Perikanan (DKP) memonitor dan mengarahkan tim lapang agar pembuatan Keramba dicanangkan nantinya sesuai dengan teknik Perikanan modern," cetus Danny.

Sementara Dandim Ternate, Abdul Razak Rangkuti, mengakui bibit ikan kerapu yang ditabur ini kualitasnya terjamin karena didatangkan dari Buleleng Bali.

"Sekarang jumlah bibit ikan kerapu sebanyak 10.500 ekor. Dan pengelolaan dilakukan oleh Babinsa dan masyarakat Desa Matui," ucapnya.

Dia juga, mengatakan, nanti pada proses panen akan diatur melalui manajemen, sehingga dapat dipastikan ketersediaan ikan di pasaran.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni, Pabung 1501 Ternate - Halbar Mayor Inf. Marjaka, Kadis Perikanan Halbar Fredik Budiman, Kadis Perizinan Halbar, Abdullah, Ny.Abdul Razak Rangkuti, Pasi Pers Kodim 1501 Kapten Inf. Nurcholis, Pasi Ter Kodim 1501 Kapten Inf. Yani Pauno, Danramil 1501- 03 Jailolo Kapten Inf. Hidayah, Danramil 1501-05 Kapten Inf. Eko Budi, Danramil 1501-06 Loloda Kapten Inf. Cosmos Joko, Danramil 1501-04 Sahu Kapten Inf. Djalil Pua, Danramil 1501-02 Pulau Kapten Inf. Ciuda, Danramil 1501-01 Kota Ternate Kapten Inf. Teguh, Kades Matui, Jufri serta tokoh masyarakat Matui. 

lan
Share:
Komentar

Terbaru