Data Tenaga kerja PT NHM Fiktif

Editor: Taufik
[caption id="attachment_3611" align="alignnone" width="600"] Suasana Sharing Pihak PT NHM dan Warga Desa Tahane Kecamatan Malifut. Di lantai III Kantor Bupati Halut | Zet-Malut.Co[/caption]

TOBELO,MALUT.CO-Perusahan Tambang Nusa Halmahera Mineral berlokasi di Gosowong Halmahera Utara, diduga memiliki data tenaga kerja fiktif. Hal itu dibuktikan dengan perbedaan data yang ditunjukkan NHM. dengan milik Warga Desa Tahane.


Perbedaan tersebut mencuat dalam sharing Masyarakat Tahane Kecamatan Malifut dengan pihak NHM, Jumat 7 Juli 2017, Pukul 14.30 Sore tadi, di Kantor Bupati Halmahera Utara (Halut).


Dari data yang dibeberkan Direktur HRD PT NHM Respati Bayu Aji, menyebutkan karyawan yang diakomodir dari Desa Tahane sebanyak 17 orang. Namun, data tersebut fiktif karena kenyataannya karyawan di PT NHM dari Desa Tahane hanya 8 orang.


“Data NHM iNi tidak benar. Saya pikir Semuanya fiktif,” Cetus Edi Muhammad, sang pembicara mewakili warga Tahane.


Menurutnya selama ini NHM sangat tertutup soal penerimaan Karyawan. Mereka menduga ini pasti ada permainan sekelompok orang. Desa Tahane sangat didiskriminasi, padahal populasi penduduknya terbanyak se-Kecamatan Malifut.


"Kami butuk diberikan kesempatan yang sama seperti Desa lainnya,” pintanya.


Pantauan Malut.co Sharing tadi sempat memanas namun dengan cepat diredamkan oleh Kadis Depnakertrans Halut Jefri Hoati selaku pimpinan sharing. Tak ada keputusan yang diambil dalam sharing tersebut, sehingga pihak NHM akan mengadakan pertemuan berlanjut. Tapi pertemuan nanti dikhususkan untuk pihak NHM dan warga Desa Tahane.


Dalam pertemuan itu dihadiri Kadis Depnaker Trans. Jefri Hoati, Petinggi NHM, Sejumlah kontraktor Di Lingkup NHM, Camat Malifut, Kapolsek Malifut dan Sejumlah Warga Desa Tahane.


Jumlah Karyawan PT NHM.


Kao  146, Kao teluk 97,Kao Utara 51, Kao Barat 55, dan Malifut 252. TOTAL:


Tobelo 63, Galela 6 dan Loloda 1.


Ternate 30, Jailolo 13, Tidore 8, Sofifi 0, Haltim 8, Ibu 3, Oba Utara 2, Sidangoli 5, Sahu 1.


Sementara rincian tenaga Kerja lingkar tambang khusus kecamatan Malifut di PT NHM diantaranga  Desa Mailoa 3 orang, Samsuma 19, Tahane 17, Ngofagita 6, Balisosang 25, Terpadu 5, Tafasoho 8, Soma 4, Malapa 1, Gayok 2, Sosol 41, Bobawa 17, Wangeotak 19, Sabaleh 2, Tagono 3, Ngofakiayha 7, Tabobo 30, Matsa 15, Ngofabobawa 4, Talapao 1, Peleri 3, dan Bukit tinggi 20. Total keseluruhan kariawan sebanyak 252.


Zet/Aan

Share:
Komentar

Terbaru