Wakil Bupati Buka Rakor Pemdes

Editor: Taufik
[caption id="attachment_2701" align="alignnone" width="600"] Suasana acara rapat koordinasi para Camat, Kades, Ketua BPD dan ketua PPK tim pelaksana Desa Kabupaten Halmahera Barat Aula Bidadari Kabupaten Halmahera Barat | Lan-Malut.Co[/caption]

Zakir : Pemdes Harus Takut Terhadap kesalahan, Bukan Terhadap Penegak hukum


JAILOLO,MALUT.CO-Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar) Ahmad Zakir Mando, meminta Kepala Desa (Kades) se Halbar, takut terhadap kesalahan bukan takut kepada jaksa dan polisi.


Himbauan orang nomor dua ini di utarakan saat membuka acara rapat koordinasi para Camat, Kades, Ketua BPD dan ketua PPK tim pelaksana Desa Kabupaten Halbar pada Rabu, 07 Juni 2017.


"Jadi waktu-waktu kemarin ada kesalahan pengelolaan keuangan di Desa dan kemudian mendengar nama jaksa dan polisi terus Kades/perangkat desa langsung takut. Sekarang ini tidak usah takut lagi, karena jaksa dan polisi dalam kegiatan hari ini akan menjadi pemateri, sehingga kita semua harus terbuka untuk diskusi, share supaya Kades jangan takut lagi kepada Jaksa, Polisi dan Pemda Halbar/Bupati, karena takut itu jika kita berbuat sesuatu yang sala," Kata Wabup Zakir Mando, di selah-selah acara pembukaan kegiatan kemarin di Aula Bidadari kantor Bupati Halbar.


Menurutnya, pada prinsipnya aparatur negara, baik Jaksa, Polisi dan Pemda itu semua bekerja yang muara demi kemaslahatan rakyat. Hanya saja perangkat Desa kadang terlihat takut, karena dihantui dengan kesalahan pribadi. "Jika kita dihantui dengan kesalahan pribadi, akhirnya orang lain menyalahkan kesalahan itu ke pribadi kita," Ujarnya


Jika kita, lanjut Zakir, mau pengelolaan dan penataan sistem keuangan itu baik dan prosesnya tertib, bahkan harus transparansi dan akuntabel. Maka ada harus ada koordinasi yang baik antara Kades dan BPD. "Jika komunikasi ini berjalan bagus dan maka masalah-masalah yang terjadi nanti akan bisa dibacarakan untuk melakukan pebaik-perbaikan seperti yang kita harapkan bersama." Jelasnya.


Disisi lain Kepala Dinas PMPD Halbar, Asnath Sowo, menghimbau kepada seluru Kades se Halbar dalam kegiatan ini untuk pengelolaan keungan desa, bisa membangun koordinasi antara Kades, BPD dan ketua PPK. "Harapannya segala potensi desa-desa yang ada saat ini di Halbar, harus dioptimalkan lagi fungsi dan kewenangan pengelolaan keuangannya. Sehingga penyelenggara pemerintahan desa bisa berjalan secara maksimal," Harapnya.


Lan/Aan

Share:
Komentar

Terbaru