-->

RSUD Tergenang Air Hujan

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_3086" align="alignnone" width="600"] Rumah Sakit Umum Daerah Jailolo yang terendam banjir | Lan-Malut.Co[/caption]

JAILOLO,MALUT.CO-Hujan sepanjang hari menyebabkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Jailolo kabupaten Halmahera Barat, Sabtu, 17 Juni 2017, tergenang air setinggi lebih dari mata kaki orang dewasa.


Rumah sakit tipe C itu, telah berulang kali tergenang. Meski begitu, genangan air itu tidak sampai merembet masuk ke dalam ruang perawatan. Walau begitu, pelayanan RSUD tetap saja sedikit terhambat karena akses jalan masuk setiap ruangan dipenuhi air.


Sejumlah keluaga pasien pada Malut Co, mengaku kerepotan jika air sudah menggenangi RSUD. Mereka terpaksa berbondong-bondong masuk di dalam ruangan rawat nginap pasien.


"Setiap hujan deras pasti airnya tergenang, jadi kita harus masuk di dalam ruangan rawat nginap," ucap Iksan, salah satu warga Guwaemaadu saat menjenguk kerabatnya yang sakit.


Dia khawatir air yang setiap saat tergenang di musim hujan dapat membawa wabah penyakit pada pasien dan keluarga yang menjenguk. Dia berharap kepada pemerintah agar segera mengatasi masalah genangan air di RSUD.


Sementara petugas rumah sakit pada wartawan mengaku mereka berupaya cepat membersihkan lumpur akibat genangan.


Selain di RSUD, banjir juga melanda sejumlah di Halbar, seperti desa Idamadehe kecamatan Jailolo.


"Berdasarkan laporan dari lapangan banjir juga menimpah desa Idamadehe," kata, salah satu Pejabat Kesbangpol dan Linmas Halbar, Imrat Idrus, kepada malut.co saat ditemui di lakosi banjir.


Dia mengaku pemerintah dipastikan akan segera melakukan perbaikan sejumlah saluran air, solusi atas permasalahan genangan air saat hujan deras seperti ini, minimal rumah sakit. Sebab, rumah sakit adalah salah satu sektor pelayanan publik oleh karenannya harus diupayakan untuk tetap steril dari masalah tersebut.


"Itu mungkin tugas instansi teknis. Tapi, yang pasti pemerintah melalui instansi teknis akan melakukan perbaikan saluran air yang merupakan penyebab terjadi genangan air rumah sakit ini," akunya.


Lan/Aan

Share:
Komentar

Terbaru