Tanpa Izin, Pelayanan Rumah Sehat Herbal, Diberhentikan Sementara.

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_1440" align="aligncenter" width="600"] Dinkes Kota Ternate bersama Komisi III DPRD, saat berdialog dengan Pihak RSH | Fahri-Malut.Co[/caption]

TERNATE,MALUT.CO- Operasi cek kesehatan yang dilakukan oleh Rumah Sehat Herbal (RSH), resmi diberhentikan sementara oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate. Sikap ini diambil setelah Dinkes bersama Komisi III DPRD Kota Ternate usai meninjau langsung kantor RSH di Kelurahan Mangga Dua Ternate, Ternate Selatan, Sabtu 13 Mei 2017.


Hasil peninjaun langsung membuktikan operasi cek kesehatan yang dilakukan RSH, dilakukan secara ilegal karena tidak disertai dengan izin dari pihak terkait, yakni Dinkes Kota Ternate.


Muhammad Assegaf yang hadir mewakili Dinkes Kota Ternate, mengatakan, jika praktek RSH bertujuan mengenalkan produk ke masyarakat harus melalui mekanisme, yakni pengkajian dan uji kelayakan yang sah dari Dinas Kesehatan


“Oleh sebab itu operasional dari RSH diberhentikan semenatara waktu guna menunggu ijin dari Dinkes,” Kata Assegaf.


Dia menjelaskan operasi pelayanan kesehatan RSH dilakukan tanpa melalui koordinasi. Padahal, praktek yang dilakukan mencangkup kelurahan yang ada di Kota Ternate.


"Semestinya menyangkut dengan pemeriksaan kesehatan seperti pengecekan darah seharusnya di lakukan oleh petugas yang terlatih dan kompeten dalam melakukan aktifitas semacam itu," kata Assegaf.


[caption id="attachment_1441" align="alignnone" width="600"] Nella Syarif saat diwawancarai sejumlah wartawan | Foto Istimewah[/caption]

Dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD kota Ternate, Nella Syarif, yang juga mendampingi Dinkes dalam peninjaun tersebut, menghimbau, agar semua praktik yang menyangkut dengan kesehatan harus berkoordinasi dengan pihak terkait. Hal itu bertujuan agar tidak menimbulkan polemik juga isu-isu yang meresahkan masyarakat.


“Jadi, setiap praktek seperti ini harus dikoordinasikan sehingga memperoleh ijin dari Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan." Kata Nella.


Sementara, Andi Amir pengelola RSH kepada Malut.Co, mengatakan, pihaknya akan mencoba meluruskan isu yang terlanjur beredar di masyarakat. "Kami ingin membantu masyarakat khususnya Maluku utara dalam mendeteksi dan mengecek kondisi kesehatan, niat kami baik." Jelasnya.


Fahri/Aan

Share:
Komentar

Terbaru