Sungai Penuh Sampah, Ternate Darurat Banjir

Editor: Taufik
[caption id="attachment_2206" align="aligncenter" width="600"] Tumpukan sampah di sungai Keluruhan Jati Kota Ternate | Ari-Malut.Co[/caption]

Ternate,Malut.Co-Sejumlah bantaran sungai yang berdekatan dengan rumah warga di Kota Ternate, mulai dipenuhi sampah. Alhasil, menjadi salah satu pemicu banjir di kota Ternate, yang jika tak diantisipasi secara dini bisa memakan korban.


Demi mengantisipasi banjir pada puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada Juni 2017, Komisi III DPRD Kota Ternate, berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kota Ternate, dan meninjau langsung beberapa bantaran sungai di Kota Ternate, Selasa 30 Mei 2017.


"Kami memantau secara dekat lokasi-lokasi bantaran sungai yang rawan dan berpotensi banjir yang mengakibatkan musibah bagi para warga di sekitarnya," Kata Ketua Komisi Anas U Malik, kepada Malut.Co, usai meninjau salah satu bantaran sungai yang ada di Kelurahan Jati, kota Ternate Tengah.


Anas mengatakan, pihaknya segera melakukan rapat kordinasi dengan beberapa dinas terkait, yakni  Dinas PU, Dinas Tata Ruang, Dinas Kebersihan, dan BPBD kota Ternate untuk mengatasi problem banjir di kota Ternate.


Dalam pantau Malut.Co, beebrapa bantaran sungai dipenuhi sampah. Ini tentunya memicu terjadinya banjir.


Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD kota Ternate, Mansur Pemahli, mengatakan, ada beberapa titik yang menjadi lokasi rawan banjir. Monitoring langsung ke lokasi perlu dilakukan agar banjir bisa diantisipasi secara dini.


“Jangan sampai terjadi banjir dan mengakibatkan korban nyawa seperti yang terjadi pada tahun 2012 lalu,” Tutup Mansur.


Ari/Aan

Share:
Komentar

Terbaru