PMI Tidore Gelar Donor Darah Persiapan Ramadhan

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_1959" align="aligncenter" width="600"] Suasana Penyerahan Bendera PMI dalam Acara Pelantikan Pengurus PMI Kota Tidore Kepulauan | Foto Istimewa[/caption]

Tidore,Malut.Co- Palang Merah Indonesi (PMI) Kota Tidore Kepulauan menggelar kegiatan donor darah yang dilakukan di kawasan pelabuhan speed boat Kelurahan Rum Kecamatan Tidore Utara, Kamis, 25 Mei 2017. Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai persiapan stok darah di bulan ramadhan.


Kegiatan tersebut dihadiri lansung oleh Wakil Walikota Tidore yang sekaligus sebagai ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tidore Muhammad Senen.


Selaku ketua PMI Tidore wakil walikota mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berpartisipasi mendonorkan darahnya untuk kebutuhan masyarakat banyak.


"Jangan takut untuk donor darah, setetes darah anda dapat menyembuhkan bahkan menyelamatkan hidup orang lain dan itu akan bernilai ibadah kelak," himbau Muhammad Sinen.


[caption id="attachment_1960" align="aligncenter" width="600"] Suasana Sebelum melakukan donor darah | Foto Istimewa[/caption]

Kegiatan donor darah yang berjalan selama 5 jam tersebut menghasilkan sedikitnya sekitar  42 kantong darah dan yang paling dominan yakni darah "O". Begitu banyak masyarakat yang berpartisipasi, antusias membludak melakukan donor darah sampai-sampai kantong darah tidak cukup.


"Kantong darah yang disediakan hanya berjumlah 30 kantong, sementara masyarakat yang berpatisipasi begitu banyak sehingga petugas langsung bergegas mengambil tambahan kantong, proses penambahan kantong kelamaan sehingga beberapa warga memilih pulang," Jelas Soleman Mahmud, Sekertaris PMI Kota Tidore pada wartawan Malut.Co.


Saat itu kegiatan sementara berjalan ada informasi dari pihak RSUD Kota Tidore yang meminta stok darah golongan "A". "Alhamdulillah stok yang tersedia saat donor untuk golongan darah "A" ada 6 kantong jadi langsung dibawah semua ke RSUD," Tamba Soleman.


Sementara, menurut salah seorang petugas, Yuli, mengatakan, adapun 42 pendonor tersebut terdiri dari warga Kelurahan Rum, para sopir, pegawai PLTU Rum serta masyarakat umum


Untuk mengantisipasi kekurangan stok darah, Wakil Walikota selaku ketua PMI Kota Tidore menegaskan bahwa akan melakukan donor darah pada setiap hari senin untuk para pegawai yang ada di Kota Tidore.


"Jadi untuk masing-masing SKPD setiap hari senin perwakilan 5 orang untuk donor darah" Tutup beliau.


Lhy/Aan

Share:
Komentar

Terbaru