Sekdes Se-Kota Tikep Ikut Bimtek Pengelolaan Arsip Desa

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_724" align="aligncenter" width="600"] (Foto : malutco)[/caption]

SOFIFI,  MALUT.CO - Seluruh Sekretaris Desa (Sekdes) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) berantusias mengikuti Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Desa  yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tikep, Kamis, 30 Maret 2017 di Hotel Bolote Gosale Puncak.


Menurut Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tikep, Rohani Katili, SH. Bahwa tujuan dari Bimtek ini untuk mengembangkan pemahaman serta profesionalitas kerja dibidang administrasi, sebab sumber daya aparatur desa saat ini dinilai kurang maksimal dalam hal pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).


"Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada perangkat desa, terkait bagaimana pengelolaan kearsipan yang baku. Begitu signifikannya anggaran yang dikucurkan terbilang sangat besar," tutur Rohani.


Selain itu, kehawatiran beliau akan minimnya pengetahuan pengelolaan keuangan oleh pihak Pemerintah Desa yang kurang profesional juga dapat berakibat fatal dan dapat menggiring mereka ke ranah hukum.


"Ada sebagian kepala Desa yang terjerat hukum karena kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan Desa", tambah Rohani.


Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini, diharapkan dapat membantu seluruh Pemerintah Desa khususnya Sekdes Tikep untuk mengelola keuangan ditiap desa secara baik dan benar.


"Harapan kami, dapat meningkatkan pengetahuan dalam hal pengelolaan keuangan dan arsip desa", tutup Rohani. (Fais/arab)

Share:
Komentar

Terbaru