Pelantikan HIKMU Jakarta, Margarito Kamis : Kami Tidak Minta Uang pada Siapapun

Editor: Indotema.com
[caption id="attachment_667" align="aligncenter" width="600"] Foto bersama pengurus HIKMU dan para tamu undangan di Gedung Balai Makarti Muktitama Jakarta (Foto : Afrisal/malutco)[/caption]

JAKARTA. MALUT.CO – Ketua Umum HIKMU (Himpunan Keluarga Maluku Utara) Margarito Kamis mengatakan, HIKMU dibentuk selain untuk menyatukan keberagaman juga dari kesadaran bersama yang mandiri.


Sambutan tersebut disampaikan Margarito pada kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan HIKMU Periode 2017-2020 dengan tema Rukun dalam Perbedaan Membangun Negeri yang digelar pagi tadi di Gedung Balai Makarti Muktitama Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Selasa, 28 Maret 2017 pukul 09.00 WIB.


Margarito mengatakan bahwa semangat terbentuknya organisasi paguyuban HIKMU di Jakarta adalah untuk menyatukan keberagaman sebab Provinsi Maluku Utara merupakan wilayah kepulauan yang dihuni masyarakat pemilik corak yang beragam.


“Kami berbeda dalam suku, agama, dan bahasa. Perbedaan itu menjadi dasar nilai kemanusiaan yang perlu dirawat,” kata Margarito.


Margarito juga mengingatkan pengurus HIKMU harus hadir atas kesadaran bersama yang mandiri serta selalu menjaga nilai dan pesan para leluhur.


“Kami tidak meminta-minta uang kepada siapa pun, semua murni partisipasi keluarga besar HIKMU. Dan kepada pengurus baru harus tetap mengingat dan menjaga nilai-nilai dan pesan leluhur yakni rubu-rubu rame-rame doka gosora se bualawa,” tegas Margarito.


Margarito berharap keberagaman di Moloku Kie Raha mampu dilebur dalam wadah HIKMU. Bersatu dalam rasa kemanusiaan dan satu identitas Moloku Kie Raha.


Acara yang dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi negara dan daerah yakni Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, Anggota DPR/DPD RI, Gubernur Maluku Utara, Walikota/Bupati se Maluku Utara, DPRD Provinsi Maluku Utara dan para Sultan Maluku Utara tersebut mendapat sambutan hangat dari Eko Putro Sandjojo selaku Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal yang juga dinobatkan sebagai warga kehormatan Maluku Utara oleh Kolano ma Soa Kesultanan Ternate, Sarifuddin Sjah.


Ketua Umum Margarito Kamis pada kesempatan ini melantik Ketua Harian Taufiq Madjid dan Sekertaris Umum Yusuf Hasani beserta jajaran pengurus HIKMU Jakarta periode 2017-2020. Tak Ketinggalan nama-nama tokoh Maluku Utara seperti Bambang Sumitro, Hamid Basalem, Busranto Abdullatif Doa dan sejumlah tokoh Maluku Utara turut meramaikan kegiatan sebagai perwakilan dari 10 Kabupaten Kota Provinsi Maluku Utara. (Aff/red)


 

Share:
Komentar

Terbaru