-->

Jalan Raya Tosa Rusak Dihantam Abrasi

Editor: Taufik
[caption id="attachment_686" align="aligncenter" width="600"] Kondisi jalan raya Kelurahan Tosa yang rusak (Foto : Ramli/malutco)[/caption]

TIDORE, MALUT.CO – Jalan raya Kelurahan Tosa lingkungan Tomadou Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan rusak termakan abrasi hingga kini belum juga ditangani pihak terkait.


Kondisi jalan yang terpantau ambruk dari arah laut tersebut, selain dari mudah terkena abrasi karena memiliki lokasi dataran rendah, diperparah juga dengan hantaman ombak besar yang pernah terjadi di Kelurahan Tosa pada tanggal 29 Januari 2017 lalu.


Hal ini disampaikan Lurah Tosa Rudy Kabir, S.Sos bersama beberapa warga setempat saat ditemui Malut.Co Selasa, 28 Maret 2017. Kata Dia,  jalan yang rusak tersebut sejak tiga bulan yang lalu.


Rudy juga mengutarakan, letak badan jalan yang rendah dari air laut sehingga saat air laut pasang dan ombak besar, jalan akan tergenang air ini dikatakan Rudy, sangat menganggu aktifitas para pengguna jalan yang melintas dikawasan itu.


Karena belum ditanggulangi pihak terkait, warga di lingkungan Tomadou Kelurahan Tosa berinisiatif membuat tanggul darurat untuk menahan ombak dengan menggunakan karung yang berisikan pasir.


Padahal Menurut Lurah Tosa, pihaknya telah menyurati secara resmi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tidpore Kepulauan dengan perihal Laporan Terjadinya Abrasi Pantai, pada Tanggal 30 Januari 2017 lalu


Namun sampai saat ini sambung Rudy, belum ada balasan surat maupun respon dari pemerintah daerah Kota Tidore Kepulauan.


“Saya selaku Lurah dan mewakili masyarakat Tosa berharap agar pemerintah dapat turun meninjau lokasi terjadinya bencana tersebut untuk ditindaklanjuti karena ini sudah dua bulan lebih, kalau dibiarkan akan berdampak bagi masyarakat di Kelurahan Mafututu yang melintas dijalur itu,” ujar Rudi. (Lhy/ryk)


 

Share:
Komentar

Terbaru