-->

Presiden Trump Ledek Insiden Memalukan di Ajang Piala Oscar

Editor: Taufik

Presiden AS Donald Trump akhirnya berkomentar terkait blunder yang terjadi saat pengumuman pemenang film terbaik dalam ajang Piala Oscar 2017.

Terjadi kekisruhan di penghujung gelaran Academy Awards pada Minggu (27/2/2017), saat Piala Oscar untuk film terbaik diserahkan kepada La La Land.

Celakanya terjadi kesalahan dan pemenang sesungguhnya dalam katagori film terbaik justru adalah Moonlight.

Di sepanjang acara bergengsi itu pembawa acara Jimmy Kimmel terus mengolok-olok dan menyerang Presiden Trump.

"Saya kira mereka terlalu fokus terhadap politik sehingga mereka tak bisa menutup acara dengan baik," kata Trump kepada Breitbart News, lembga pemberitaan konservatif yang pernah dikelola Steve Bannon, penasihat kepresidenan.

"Sangat menyedihkan. Kekacauan itu menghilangkan keglamoran Oscar. Saat itu tak terasa seperti malam yang glamor. Saya pernah hadir di Oscar. Ada hal spesial yang hilang, dan harus berakhir menyedihkan," tambah Trump.

Di sepanjang acara itu, Kimmel memberondongkan serangkaian guyonan terkait uang negara yang digunakan Trump.

Kimmel juga menunjukkan dukungannya terhadap aktris senior Meryl Streep yang sempat terlibat perang kata-kata dengan Trump.

Saat membuka acara, Kimmel mengatakan, acara tersebut kini disaksikan negara-negara di seluruh dunia yang kini membenci Amerika.

Kimmel juga meminta para pemirsa untuk membuat upaya rekonsiliasi dengan cara merangkul musuh politik yang mereka kenal dan melakukan pembicaran sebagai sesama warga Amerika.

"Jika kita bisa melakukan itu, maka kita bisa menjadikan Amerika hebat kembali," ujar Kimmel mengutip slogan kampanye Donald Trump.

Kimmel juga mengajak para undangan yang hadir berdiri dan memberi tepuk tangan untuk Meryl Streep untuk pidato anti-Trump yang disampaikannya dalam ajang Golden Globe bulan lalu.

Kimmel juga tak lupa menyisipkan keputusan Gedung Putih melarang sejumlah media besar menghadiri jumpa pers akhir pekan lalu.

Untuk menyindir Trump, Kimmel meminta reporter CNN, New York Times atau semua media dengan kata "Times" keluar dari gedung itu.

"Kami tak menoleransi berita bohong," tambah Kimmel, lagi-lagi mengutip kata-kata Donald Trump.

Bahkan di tengah acara, Kimmel sempat mengunggah cuitan di akun Twitternya dengan menyebut Donald Trump.

Lewat akun Twitternya, Kimmel menyebut Mahershala Ali, aktor Muslim pertama yang meraih Piala Oscar.

Dalam salah satu momen paling pentig dalam acara ini, The Salesman, film besutan sutradara Iran Asghar Farhadi memenangkan Oscar dalam katagori film berbahasa asing terbaik.

Farhadi yang memboikot ajang ini menggunakan, pidato kemenangannya untuk mengecam dan mengkritik kebijakan anti-imigran dan anti-Muslim yang dianggapnya sangat tak manusiawi.

Di sisi lain, acara yang disiarkan stasiun televisi ABC ini tercatat meraup jumlah penonton paling sedikit sejak 2008 meski dihiasi insiden bersejarah di pengujung acara.

Gelaran Academy Awards tahun ini hanya disaksikan 32,9 juta orang, atau turun 4 persen dari tahun lalu yang disaksikan 34,4 juta orang. 

Share:
Komentar

Terbaru