Wakil Walikota Tikep Hadiri Acara Adat Nasrani Desa Sio Kona

Editor: Redaksi

 Wakil Walikota saat memberikan sambutan dalam acara tersebut

Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen menghadiri kegiatan adat tahunan masyarakat ummat kristiani di Desa Sio Kona, Kecamatan Oba Tengah, Rabu, (1/2/23).


 Kegiatan tersebut dikenal dengan acara Tulude bertajuk "Kenakanlah kasih sebagai pengikat yang mempersatukan",

Di kesempatan tersebut, Wawali mengatakan, kegiatan adat yang diselenggarakan masyarakat ummat kristiani ini, perlu dilestarikan dan dipertahankan. Pasalnya, persoalan adat merupakan peninggalan leluhur yang harus dijaga. Karena dengan begitu kedaiaman dan persatuan ditengah-tengah masyarakat akan terus terpelihara dengan baik.

"Melestarikan adat dan budaya yang dimiliki warga sanger ini, merupakan satu bentuk identitas masyarakat dalam mempertegas jati diri. Karena dengan adat seperti ini, kita dapat dipersatukan dari berbagai suku," ungkapnya.

Wakil Walikota dua periode ini menambahkan, sebagai pelayan rakyat, dirinya akan selalu hadir bersama-sama dengan masyarakat dalam hajatan apapun. Karena dari Rakyat, ia dan Ali Ibrahim bisa menjabat sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan.

"Rakyat adalah Raja, Walikota, Wakil, Kepala Desa dan Anggota DPRD itu pelayan. Sebagai pelayan, saya berkewajiban untuk melindungi Rakyat, jadi siapapun yang datang melukai Rakyat saya, maka samahalnya mereka juga telah melukai saya," pungkasnya.

Lebih lanjut, Ketua DPD PDIP Provinsi Maluku Utara ini meminta kepada tokoh-tokoh adat dan tokoh masyarakat di Desa Siokona agar terus bersinergi dengan Pemerintah Desa dan Kecamatan yang merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah Kota Tidore. Untuk terus menggalakkan kegiatan-kegiatan positif di tengah-tengah masyarakat.

"Perbedaan adalah sesutu yang lumrah jika mengarah kepada kebaikan, untuk itu, dengan terus melestarikan adat dan budaya yang dimiliki, maka sudah tentu hidup kita akan damai, karena dengan adat yang ada, kita dapat menerapkan semangat bertoleransi, beretika dan saling menghargai antara satu dengan yang lain," tambahnya.

Selain menghadiri acara Tulude di Desa Siokona, Wawali juga menyempatkan diri menghadiri acara yang sama di Kelurahan Akelamo, Kecamatan Oba Tengah, ditempat tersebut, Wawali ikut berpartisipasi dengan menyumbangkan uang tunai senilai Rp. 15 Juta kepada panitia penyelenggara kegiatan.

Share:
Komentar

Terbaru