Wakil Walikota Tikep Hadiri Kegiatan Penutupan Hari Jadi Fobaharu

Editor: Redaksi author photo

Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen (kelima kiri) berpose dengan Camat Tidore Utara, Lurah Fobaharu, Ketua LPM dan Ketua RT serta RW Kelurahan Fobaharu yang baru dilantik

Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, SE menghadiri sekaligus menutup rankaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Jadi Fobaharu Ke-55 Tahun 2022 yang berpusat di Lapangan Volly Ball Kelurahan Fobaharu, Kecamatan Tidore Utara, Sabtu malam (7/5/2022).

Acara Peringatan Hari Jadi Fobaharu ini dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus LPM , Ketua RW dan Ketua RT Kelurahan Fobaharu oleh Kepala Kelurahan Fobaharu Ashri Soleman, S.IP sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kepala Kelurahan Fobaharu Nomor : 01/KPTS/37.4/2021 Tentang Penetepan Pengurus LPM, Ketua Rukun Warga dan Ketua Rukun Tetangga Kelurahan Fobaharu Masa Bhakti 2022-2025.

Pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peringatan Hari Jadi Fobaharu Ke-55 Tahun ini memiliki makna yang stategis dimana usia yang sudah matang ini, Fobaharu telah menjadi sebuah Kelurahan yang berkembang  dengan baik dan memiliki sumber daya manusia yang dapat diandalakan serta telah ikut membangun bersama denagn Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam menyukseskan Visi Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Menuju Tidore Jang Foloi.

Fobaharu juga mempunyai peranan besar dalam sejarah perkembangan Kota Tidore Kepulauan sejak dimekarkan dari tahun 2003, yakni sebagai salah satu Kelurahan induk yang membawahi beberapa Kelurahan pemekaran sehingga, Fobaharu terus memepertahankan eksistensinya dalam mengikuti perubahann dan perkembangana alur Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. Ujar Wakil Walikota

Muahammad Sinen juga mengharapkan agar masyarakat dan para generasi muda di Kelurahan Fobaharu agar ikut berperan bersama-sama seluruh stake holder dan semua unsur untuk saling bahu-membahu, bekerjasama dalam ritme untuk melihat Kota Tidore Kepulauan yang semakin baik. Tak lupa, dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat bekerja kepada Ketua LPM, RW, RT yang baru dilantik, jalankanlah amanah ini dengan penuh tanggung jawab, karena melalui kerja keras kalian Pemerintah Kelurahan Fobaharu akan menunjukan prestasi di Kota Tidore Kepulauan.

Sementara itu Kepala Kelurahan Fobaharu Ashri Soleman dalam penyampaian Riwayat Singkat Kilas Balik Desa Fobaharu menyampaikan bahwa sebelum terbentuknya Desa Fobaharu, dahulu kala terdapat 6 Soa atau Pendukuhan yang istilah sekarang ini dikenal denagan Dusun yang berada di bawah Pemerintahan Desa Rum dan Desa Ome. Soa atau Dusun tersebut yaitu Soa/ Dusun Folarora, Soa/ Dusun Sentosa, Soa/ Dusun Usaha Baru, Soa/ Dusun Rube, Soa/ Dusun Tubarumalu, dan Soa/ Dusun Gamsung.

Melalui perjuangan panjang yang tak henti-hentinya dan tanpa putus asa, ke-6 Soa/ Dusun tersebut dapat disatukan dan diberi nama “Fobaharu” yang artinya dalam Bahasa Daerah Tidore “Fo artinya Kita dan Baharu artinya Perbaharui”, jadi Fobaharu artinya Kita Perbaharui. Berdasarkan SK Bupati Pimpinan Daerah Irian Barat Lama atas Nama Gubernur KDH. Dati I Maluku Nomor : 8/KD/IBL/1967 Tanggal 22 April 1967 tentang pengangkatan Sdr. Nurdin Katjuba sebagai Kepala Kampung Fobaharu yang pertama, serta berdasarkan Surat Keputusan tersebut maka pada hari Selasa Tanggal 25 April 1967 jam 10.00 pagi, Desa Fobaharu diresmikan oleh Bapak Bupati Pimpinan Daerah Irian Barat Lama pada waktu itu dijabat oleh Bapak Drs. Salim Assagaf.

Ketua Panitia Pelaksana Muhammad Hafid Ismail dalam laporannya menyampaikan bahwa Peringatan Hari Jadi Fobaharu merupakan agenda rutin Pemerintah Kelurahan dan masyarakat Fobaharu yang dilaksanakan setiap tahun berjalan, namun pada 2 tahun ke belakang agenda tersebut tidak dapat dilaksanakan karena wabah Covid-19 yang melanda dunia sehingga kegiatan yang dilakukan hanya dalam bentuk yang hakikat.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini ialah mengenang dan mengingat kembali semangat juang para leluhur Fobaharu, Sebagai bentuk penghargaan atas jasa para leluhur fobaharu, serta memperkokoh kebersamaan masyarakat Fobaharu sesuai dengan tema yang diangkat “Membingkai Keberagaman, Memperkokoh Kebersamaan, Mempertegas jati diri Menuju Fobaharu Jang Foloi” yangb bermakna Soarora Dalam Bingkai Fobaharu, Menjadi anak Fobaharu adalah kebanggan dan Fobaharu yang lebih maju adalah tanggung jawab bersama.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah yang diserahkan oleh Wakil Walikota kepada Ketua-ketua RW/RT dalam rangka menyambut Hari Jadi Fobaharu Ke-55 Tahun 2022. Hadiah yang diberikan masing-masing mendapatkan berupa bingkisan, uang pembinaan dan sertfikat penghargaan.

Turut hadir dalam acara ini Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Camat Tidore Utara, Forkompimcam Tidore Utara, Kepala Kelurahan dan Desa Se- Kecamatan Tidore Utara, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Perempuan

 

Share:
Komentar

Terbaru