Pemkot dan Sultan Tidore Hadiri Pawai Obir

Editor: Redaksi author photo


Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi pembangunan dan Keuangan Kota Tidore Kepulauan Abdul Hakim Adjam Menghadiri  kegiatan pawai obor (Masoninga Soasio 2022) bertempat di RT 4 kelurahan Soasio Kota Tidore Kepulauan. Kamis ( 28/4/22).

Pemuda Soasio menggelar Pawai Obor dengan tema Masoninga Soasio dalam menyambut Malam Lailatul Qadar yang jatuh pada malam ke- 27 Ramadhan 1443 H.

 

Kegiatan Pawai Obor sambut Lailatul Qadar ini sudah dilakukan sejak dahulu kala, dan Pemuda Soasio sebagai generasi penerus mengambil bagian dan tetap menjaga tradisi leluhur masyarakat Tidore yang sudah lama ini.

 

Pada kesempatan tersebut Staf Ahli Walikota Abdul Hakim Adjam dalam sambutanya mengatakan kepada Masyarakat Soasio untuk terus menjaga tradisi dari adat budaya yang kental dalam Ajaran ajaran Islam, " Semoga dengan Adanya Kegiatan ini akan melestarikan tradisi yang kita miliki sepanjang masa, yang tak lekang oleh waktu dan tak tergerus oleh zaman, jadikan masoninga Soasio 2022 sebagai sebuah kilas balik bagi kita baik secara pribadi maupun kampung untuk menjadi lebih baik kedepannya", Ucap Abdul Hakim

 

Di akhir sambutanya Abdul Hakim juga  berharap agar kegiatan ini semakin menguatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Soasio dimana saja, "Semoga dimalam yang penuh kemuliaan yang bertempatan juga dengan malam ke 27 ramadhan, kita semua memperoleh rahmat dan ampunan dimalam Lailatul Qadar, dan semoga kita di pertemukan di bulan ramadhan berikutnya", Tutup Abdul Hakim.

 

Turut Hadir Sultan Tidore Husain Alting Syah yang sekaligus membuka dengan Resmi kegiatan Masoninga Soasio 2022 dalam sambutanya berharap kepada walikota dan wakil walikota dan jajarannya pada tahun berikut untuk bisa memberikan ruang dan tempat kepada generasi ini untuk mengeksplore seluruh kekuatannya untuk mencintai Islam.

 

Sultan Tidore Husain Syah juga mengajak seluruh warga kota Tidore kepulauan agar ramadhan berikutnya lebih semarak lagi, "pada tahun ini saya mengajak kita semua, ramadhan berikut harus lebih semarak dari pada ini, semua kampung kampung harus di hidupkan malam Lailatul Qadar ini, malam yang lebih baik dari seribu bulan yang Allah berikan Bonus kepada Kita semua", Ucap Husain Syah.

 

Sementara ketua panitia M. Rian Dj Taib dalam laporannya mengatakan acara ini di selengarakan oleh pemuda pemuda soasio, masoninga soasio adalah sebuah perayaan untuk menghidupakn kembali tradisi masa lalu yang lazim di laksanakan oleh masyarakat dalam menyambut datangnya lailatur qadar malam laela 27 ramadhan

Dimulai dengan sillaturahim sekaligus pemberian infaq kepada orang tua2 yg membutuhkan di masing2 RK, dan kemudian pada selain itu pawai obor dan beberapa permainan tradisional juga akan di tampilkan untuk keramaian acara dan sekaligus memperkenalkan tradisi budaya ini kepada generasi muda.

 

Rombongan Pawai Obor dilepas oleh yang mulia Sultan Tidore di Jalan RT 4 menuju RT 1 Depan Benteng Tahula Tidore Kepulauan

 

Share:
Komentar

Terbaru