Kunjungi Tidore, Sekjen Kemendes Buka Pelatihan Desa Wisata

Editor: Redaksi

Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid didampingi Walikota H. Ali Ibrahim membuka dengan resmi Pelatihan Desa Wisata yang ditandai dengan pemukulan Gong

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa (Kemendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (PDTT)  Taufik Madjid melakukan kunjungan kerja di Kota Tidore Kepulauan. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka Pembukaan Pelatihan Desa Wisata angkatan III Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat dan angkatan  IV Kecamtan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan yang diselenggarakan di Balai Desa Balbar Kecamatan Oba Utara, Minggu (13/3/2022).

Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid bersama rombongan tiba di Pelabuhan Guraping sekitar pukul 14.00 WIT dijemput langsung oleh Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim, selanjutnya menuju Balai Desa Balbar untuk membuka Pelatihan Desa Wisata angkatan III Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat dan angkatan  IV Kecamtan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan.

Di kesempatan itu, Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid  dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelatihan Desa Wisata merupakan salah satu program andalan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dibidang Pariwisata. Dengan Kontruksi APBN kita sekarang ditengah tekanan pandemi covid 19 pemerintah ingin supaya ada yang namanya kualitas belanja itu harus betul-betul fokus sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekaligus potensi yang dimiliki masyarakat.

“Ini tujuannya untuk secara cepat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional akibat tekanan covid 19 beberapa tahun terakhir. Pemerintah kemudian mengambil berbagai langkah mereformulasikan kembali kebijakan-kebijakan sehingga dapat berdampak baik dan dirasakan langsung oleh masyarakat” tutur Taufik.

Taufik menambahkan, Akhir-akhir ini isu Ekonomi menjadi isu yang paling sering diperbincangkan, muda-mudahan atmosfir yang dibangun pada saat kita yang ditunjuk Presiden Joko Widodo ini bisa kemudian memberikan angin segar bagi akselerasi dan pertumbuhan ekonomi pada level yang dibawah termasuk di level Desa.

“Saya terus berkomitmen untuk terus memegang kepentingan lewat pelatihan-pelatihan seperti ini, sehingga apa yang telah dimiliki oleh Desa bisa dikembangkan sehingga bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat terutama Desa itu sendiri” katanya.

Dikesempatan yang sama Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim menyampaikan bahwa sebuah kebanggaan bagi Kota Tidore Kepulauan atas  kunjungan kerja Sekjen Kemendes PDTT yang merupakan bagian dari keluarga besar Moluku Kie Raha. Kehadiran Sekjen menjadi sebuah motivasi bagi kami anak-anak daerah untuk menitipkan harapan besar daerah kita untuk kembali dikenal sebagai daerah yang memiliki SDM yang tak kalah dari daerah lain.

“Kami yakin dan percaya bahwa kunjungan Sekjen di Kota Tidore tepatnya di Desa Balbar bukanlah sebuah kebetulan tapi merupakan sebuah kepedulian yang besar sebagai anak daerah Maluku Utara untuk bersama-sama meningkatkan program pembangunan dibidang Desa Wisata” kata Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim berharap dengan kehadiran Sekjen bersama jajaran di Propinsi Maluku Utara Melalui pada kegiatan ini menjadi sebuah semangat tersendiri bagi Kota Tidore Kepulauan untuk mendorong kreativitas, inovasi dan produktivitas Desa Wisata yang sedang kami giatkan ini.

Sementara Kapala Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ambon  Josoa Salmon Marlissa dalam laporannya mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan utuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan serta pembentukan sikap peserta dalam rangka pengelolaan dan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dan Desa.

Share:
Komentar

Terbaru