Jadi Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda, Walikota Tikep Baca Sambutan Menpora

Editor: Redaksi author photo


Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Kamis (28/10/2021) berlangsung lancar dan khidmat. Upacara dipusatkan di halaman Kantor Walikota Tidore dan dipimpin oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim yang bertindak selaku Inspektur Upacara.

Ikrar Sumpah Pemuda dibacakan dengan lantang dan lugas oleh kelompok Pembaca Teks Putusan Kongres Pemuda Tahun 1982, yang terdiri dari delapan personil perwakilan organisasi kepemudaan di Kota Tidore Kepulauan.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dr. Zainudin Amali dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Inspektur Upacara mengatakan, Hari Sumpah Pemuda ke 93 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”, Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.” Ujarnya

Persatuan bangsa Indonesia sejak 93 tahun yang lalu ialah bukti bersatunya pemuda Indonesia, tanpa persatuan pemuda, bangsa Indonesia tidak kita nikmati hari ini, dengan keterbatasan media komunikasi, terbatasnya transportasi dan media koneksi lainnya tidak mengurangi semangat pemuda dari Maluku sampai Aceh berjumpa merumuskan komitmen kebangsaan menuju kedaulatan.

Di akhir sambutan tertulisnya, ia mengatakan, Pencapaian penanganan Covid-19 ini menjadi momentum bangsa Indonesia segera bergerak tumbuh secara ekonomi khususnya ekonomi yang mendorong kemandirian Pemuda dalam mensejahterahkan diri dan selanjutnya memberikan dampak pada kesejahteraan bangsa Indonesia secara keseluruhan, terutama memulihkan kondisi ekonomi para pemuda sebagai segemen yang paling terdampak oleh situasi Covid-19 ini.

Dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda ini bertindak sebagai Perwira Upacara Ketua HMI Cabang Tidore Ilham Fahri, Komandan Upacara Ketua Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tidore Ramdani Hamisi, Kelompok Pengibar Bendera Merah Putih dari Purna Paskibraka Kota Tidore Kepulauan.

Adapun Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Sekretaris Pemuda Ansor Kota Tidore Kepulauan Ridwan Din, dan Pembaca Teks Putusan Kongres Pemuda Tahun 1928 oleh Perwakilan Gabungan Organisasi Pemuda di Kota Tidore Kepulauan.

Upacara juga dihadiri oleh Anggota DPRD, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua KPU Kota Tidore Kepulauan, tokoh pemuda serta Pimpinan SKPD, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD di Kota Tidore Kepulauan.

 

Share:
Komentar

Terbaru