Walikota Tikep Berharap, Forum Konsultasi Publik RPJMD Jadi Forum Gagasan

Editor: Redaksi author photo


Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021-2026 resmi dibuka oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim yang berlangsung di Aula Kantor Walikota Tidore, Kamis (1/7/2021)

 

Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Dokumen RPJMD merupakan dokumen perencanaan 5 tahunan yang memuat visi, misi dan program prioritas Walikota dan Wakil Walikota terpilih yang selanjutnya dijadikan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha dalam mewujudkan visi dan misi sesuai dengan RPJMD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021-2026 secara sinergi, efektif dan tepat sasaran.

 

"untuk itu saya harapkan semua kalangan agar bersama-sama mencurahkan ide atau gagasan dalam perumusan dan penyusunan RPJMD, sehingga visi dan misi Walikota serta Wakil Walikota dapat tercapai yaitu terwujudnya masyarakat sejahtera, menuju Tidore Jang Foloi melalui Penguatan Sumber Daya  Manusia dan Sosial Budaya, Pengembangan Ekonomi dan Investasi Terpadu serta Pemerintah yang berkinerja, inovatif dan melayani." Tutur Ali Ibrahim

 

Sementara itu Kepala Bappelitbang Kota Tidore Kepulauan Syofyan Saraha dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya konsultasi publik rancangan awal RPJMD ini adalah untuk mendapatkan masukan terhadap rancangan awal RPJMD dengan menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah yang akan dilaksanakan selama 5 tahun kedepan.

 

Forum konsultasi publik dilaksanakan untuk menangkap isu-isu strategis terkini yang berpengaruh pada perencanaan pembangunan, terutama input untuk menampung masukan bagi perencanaan pembangunan daerah yang diperoleh dari stakeholder terkait dengan pendekatan partisipatif secara bottom up. Demikian pula dokumen ini telah memperhatikan perencanaan tata ruang (rtrw) Kota Tidore Kepulauan, "dengan demikian tujuan, sasaran, strategi, kebijakan umum dan program yang ditetapkan dalam rancangan awal dokumen RPJMD ini merupakan hasil sinkronisasi dengan perencanaan vertikal dan horizontal" Jelas Syofyan.

 

Turut hadir mengikuti pembukaan forum konsultasi publik ini Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Staf Ahli Walikota, Pimpinan OPD, Ketua GOW Tidore Hj. Elvry Habib, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Akademisi, dan Perwakilan Organisasi Wanita.

 

 

Share:
Komentar

Terbaru