Pekot Tikep Gelar Musrembang RKPD Tahun 2022

Editor: Redaksi


Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2022 dengan tema Penguatan Pusat-Pusat Pelayanan dan Kawasan Strategis yang mendukung Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pemulihan Ekonomi dan Regenerasi Warisan Budaya dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen yang berlangsung di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Kamis (8/4/2021).

Mengawali sambutannya Muhammad Sinen menyampaikan bahwa Tahun 2022 Merupakan tahun awal perencanaan bagi Pemerintahan Capt. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen di Periode Kedua. Olehnya itu, perlu menjadi perhatian bagi seluruh OPD agar benar-benar memperhatikan rumusan program dan kegiatan sesuai arah pembangunan yang telah direncanakan dari periode pertama sampai di periode kedua. Hasil nyata atas pelaksanaan program dan kegiatan harus menunjukan perkembangan secara rill, sehingga pencapaian keberhasilan pembangunan dapat terukur dan terarah.

"Seperti yang kita ketahui bersama, proses perencanaan dan penganggaran Pemerintah Daerah mulai tahun ini telah menerapkan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), meskipun aplikasi ini merupakan sistem baru yang diterapkan di seluruh Indonesia, namun perlu menjadi perhatian seluruh OPD untuk dapat dipelajari terkait tata kelola perencanaan, penganggaran maupun pelaporan, sehingga tidak terhambat dalam penerapannya. Begitu juga dengan dokumen RPJMD Kota Tidore Kepulauan yang baru, meskipun belum selesai disusun dan disahkan, saya perlu menegaskan bahwa visi yang telah diusung AMAN Jilid 2 adalah membangun Masyarakat Sejahtera menuju Tidore Jang Foloi, untuk itu desain perencanaan pada Tahun 2022 sudah harus dipastikan mengakomodir beberapa program dan kegiatan pada masa kampanye lalu," Tegas Muhammad Sinen.

Sementara itu Kepala Bappelitbang Kota Tidore Kepulauan Syofyan Saraha dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakannya Musrenbang Kota Tidore Kepulauan adalah membahas berbagai masukan dan usulan dari stakeholders dalam rangka penajaman, penyelarasan dan penyempurnaan kerangka regulasi dan anggaran yang akan dituangkan dalam RKPD Kota Tidore Kepulauan, untuk selanjutnya akan digunakan sebagai bahan penyusunan RAPBD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2022.

"Musrenbang RKPD ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 8-9 April 2021, bertempat di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan, Staf Ahli Walikota, Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Camat dan Perwakilan Kecamatan se-Kota Tidore Kepulauan, Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan dan Pimpinan BUMD. Adapun narasumber kegiatan Musrenbang tahun ini dari Kepala Bappeda Provinsi Maluku Utara Salmin Janidi yang berbicara terkait Prioritas Pembangunan Provinsi Maluku Utara Tahun 2022,  Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Ahmad Ishak yang berbicara terkait Politik Anggaran Pemerintahan Daerah; APBD untuk Kesejahteraan, dan Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan yang berbicara terkait Rancangan Awal RKPD Tahun 2020," tutup Syofyan.

Share:
Komentar

Terbaru