Terima Kunjungan Duta Besar Spanyol, Walikota Berharap Kapal Delcano Berlabuh Di Pelabuhan Trikora

Editor: Redaksi

Diakhir jabatannya sebagai Walikota Tidore Kepulauan yang jatuh pada tanggal 17 Februari 2021, Walikota Tidore Capt H.Ali Ibrahim  kembali menerima kunjungan  kehormatan dari Duta Besar Kerajaan Spanyol Jose Maria Matres Manso bersama rombongan di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Selasa (16/2).

Dalam sambutannya Ali Ibrahim mengatakan dalam rangka mempererat hubungan kerja sama antara Spanyol dan Indonesia khusus Tidore, “ saya berharap Kedutaan Besar Spanyol dapat membangun satu Monument di Kota Tidore Kepulauan untuk mengenang 500 Tahun pelayaran mengelingi dunia yang dilakukan oleh Magellan -Elcano, yang sempat singgah di Tidore dan menjadi tonggak sejarah pengetahuan bahwa bumi itu bulat”kata Ali.

Ali Ibrahim juga selaku wakil Wapres GNMC, menegaskan agar Kapal Latih Sebastian Delcano yang datang pada bulan Maret 2021 harus singgah dan berlabuh di Pelabuhan Trikora Tidore, “saya tidak mau berlabuh di Ternate, Karena rute ini mengingatkan akan sejarah perjalanan yang sesungguhnya”tegas Ali.

Ali Ibrahim juga berharap  kerja sama ini dapat dilanjutkan, dan meminta ditampilkan tarian/teater khas spanyol yang menceritakan perjalanan Magelhaens dan Delcano pada  Acara Seremoni kedatangan Kapal Latih Sebastian Delcano yang rencananya pada bulan maret mendatang yang akan di tampilkan di dua lokasi yakni Kedaton Kesultanan Tidore  dan Pantai Tugulufa sehingga bisa disaksikan oleh Masyarakat Tidore.

Sedangkan  Duta besar Kerajaan Spanyol Jose Maria Matres Manso dalam sambutannya mengatakan Sebagai Dubes, tentu focus menjalin kerjasama yang baik di semua wilayah Maluku utara, namun Saya tetap masih fokus di Tidore serta  mempersiapkan  dan menjalin koordinasi sehubungan dengan kedatangan Kapal Latih Sebastian Delcano.

“ Pelaksanaan Sail Tidore bagi kami adalah jendela yang terbuka untuk sejumlah kesempatan bagi kerjasama Perusahan Spanyol dan Perusahan Indonesia, khususnya Perusahan di Kota Tidore, kami akan membicarakan kerjasama maupun investasi lebih lanjut ” tutup Jose Maria Matres Manso

Turut hadir Atase Pertahanan Mr. Antonio Alvaro, Atase Perdagangan Raul Merchan FernandesPj Sekda Muhammad Miftah Bay, Dandim 1505 Tidore, Kapolres Tidore, Perwakilan dari Kesultanan Tidore , Kepala Dinas Pariwisata Propinsi  serta OPD di Lingkup Kota Tidore Kepulauan.

Share:
Komentar

Terbaru